Jakarta, Aktual.co — Pembukaan kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia, Proliga 2015, yang dijadwalkan berlangsung mulai 27 Februari 2015, dimajukan pelaksanaannya menjadi 6 Februari, karena menyangkut pelatnas SEA Games 2015.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty mengatakan, dengan adanya perubahan waktu pembukaan berdampak pada tuntasnya pelaksanaan kejuaraan bola voli paling bergengsi di Tanah Air ini, dari 24 Mei menjadi 19 April.

“Kalau kita tidak majukan waktunya, Pelatnasnya sangat singkat. Dengan adanya perubahan jadwal, kita punya waktu hampir dua bulan untuk persiapan SEA Games Singapura, usai Proliga 2015,” katanya di Jakarta, Kamis (16/10).

Proliga 2015, kata dia, akan dibuka di Dome Balikpapan, Kalimantan Timur, dan pertandingan final dilaksanakan di GOR Among Raga, Yogyakarta. Pertandingan final merupakan yang pertama di luar Jakarta, Selama ini partai puncak Proliga selalu digelar di Istora Senayan, Jakarta.

Hanny menegaskan, dipindahkannya lokasi final Proliga 2015 dari Istora Senayan, Jakarta ke GOR Among Raga, Yogyakarta, bukan tanpa alasan yaitu pada tanggal yang sama, lokasi final yang sudah digunakan sejak Proliga 2002 itu sudah dipesan oleh pihak lain.

“Istora akan digunakan untuk kegiatan lain. Makanya, kami langsung mencari lokasi alternatif dan ditetapkanlah GOR Among Raga, Yogyakarta,” katanya menambahkan.

Pria yang juga Ketua V bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI ini menambahkan, selain memajukan waktu pembukaan, pihaknya juga mempersingkat waktu libur antara putaran pertama dan kedua. Selain itu jeda waktu antar babak dengan babak empat besar juga dipersingkat.

“Sebelumnya ada libur dua pekan. Khusus untuk kompetisi musim depan dipersingkat menjadi satu pekan saja,” kata Hanny menegaskan.

Berdasarkan data yang ada, pertandingan putaran pertama pekan bertama di Balikpapan 6-8 Februari. Dalam hal ini yang menjadi tuan rumah adalah tim Jakarta Pertamina. Untuk pekan kedua di Palembang, 13-15 Februari dan yang menjadi tuan rumah adalah tim Palembang Bank Sumsel-Babel. Pekan ketiga di Yogjakarta, 20-22 Februari dengan tuan rumah Jakarta Electric PLN.

Untuk putaran kedua, pekan pertama di Gresik, 6-8 Maret dengan tuan rumah tim Gresik Petrokimia. Pekan kedua di Probolinggo, 13-15 Maret dengan tuan rumah Surabaya Samator dan pekan ketiga di Jakarta, 20-22 Maret dengan tuan rumah tim Jakarta BNI.

Sedangkan putaran final four pertama di Bandung, 3-5 April dan final four kedua di Jakarta, 10-12 April. Dan pertandingan grand final digelar di GOR Among Raga, Yogjakarta, 19 April mendatang.

()

()