Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Utara memberikan pelatihan terkait Satkamling di Kelurahan Semper Barat di Jakarta,Rabu (21/2/2024)

Jakarta, Aktual.com – Polres Metro Jakarta Utara mendorong peran Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat di wilayah tersebut.

Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Agus Rizal di Jakarta, Rabu (21/2), bahwa Satkamling memiliki tanggung jawab untuk mendukung tugas Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) setempat.

“Itu pentingnya pos kamling dan budaya penggunaan kentongan dalam kegiatan Siskamling untuk memberikan informasi kepada masyarakat akan situasi yang terjadi,” kata dia.

Salah satu langkah yang diambil adalah dengan mengadakan kegiatan Peningkatan Kemampuan di wilayah Kelurahan Semper Barat yang dihadiri oleh Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Acara ini juga dihadiri oleh Babinsa, Satpol PP, dan para Ketua RW dari Kelurahan Semper Barat di Aula Kantor Kelurahan setempat pada hari Rabu (21/2).

Agus juga menyampaikan materi tentang Forum Kemitraan Polisi-Masyarakat (FKPM) dan Polisi Masyarakat (Polmas).

Ia menjelaskan mengenai pembuatan dan kelengkapan pos kamling di wilayah serta Dasar hukum Satkamling yang diatur dalam Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Satkamling.

Sekretaris Kelurahan Semper Barat, Joce Rizal, menekankan pentingnya peran Satkamling dalam menjaga keamanan lingkungan.

Sementara Ketua FKDM Kelurahan Semper Barat, Arif Suhendar, mengucapkan terima kasih kepada Polres Metro Jakarta Utara atas terselenggaranya kegiatan ini.

Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan peran Satkamling dalam menjaga keamanan lingkungan di wilayah Semper Barat.

“Kegiatan Peningkatan Kemampuan Satkamling ini adalah salah satu langkah Polres Metro Jakarta Utara untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya,” tandasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan

Tinggalkan Balasan