taman wisata Ragunan
taman wisata Ragunan

Jakarta, Aktual.com – Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan pihak keamanan untuk menjaga keamanan pengunjung Taman Margasatwa Ragunan.

“Kita kerahkan sekitar 300 untuk pengamanan. Dari pihak internal, polisi, TNI, dan unsur masyarakat yang kita rekrut,” ucap dia saat dihubungi Aktual.com, Jakarta, Jumat (8/7).

Dari data yang diterima Aktual.com, personil gabungan tersebut terdiri dari 243 polisi, 18 TNI serta 109 masyarakat sipil.

Demi keamanan juga, pihaknya membatasi waktu berkunjung di lokasi wisata hanya sampai pukul 16:00 WIB.

“Loket terakhir tutup pukul 16.00 WIB. Kita kasih toleransi pengunjung untuk keluar satu jam. Jadi pukul 17.00 WIB mesti sudah steril,” kata dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung sendiri, Bambang mengatakan telah melakukan beberapa persiapan antara lain, dengan menambah luas ruang parkir, personil, serta loket pengunjung.

“Pertama parkir tambahan kapasitas maksimun 27 ribu sepeda motor, enam ribu mobil dan 200 bus. Layanan loket dan petugas juga ditambah yakni, 50-an loket serta total ada 700 personil membantu layanan libur lebaran,” tambah dia.

Untuk layanan kesehatan, sudah disediakan tiga posko kesehatan, “Dengan tiga unit mobil ambulan,” tutupnya. (Agung R)

(Eka)