Jakarta, Aktual.co — Perhelatan akbar Jakarta Maraton 2014, Minggu (26/10), diharapkan mampu mendorong nama Jakarta sebagai salah satu tujuan wisata olahraga (sport tourism) terkenal dunia.
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Jakarta, Minggu (26/100, mengatakan bahwa penyelenggaraan event tahunan JakMart yang kali kedua ini menjadi sarana promosi yang efektif bagi Jakarta serta mendatangkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) ke Ibu Kota NKRI.
“Kami berharap melalui ajang maraton yang tengah ‘ngetren’ ini dapat menjadi sarana untuk mempromosikan keelokan Jakarta,” kata Sapta Nirwandar sebelum melakukan pengibarkan bendera start Jakarta Maraton (JakMar) 2014 yang berlangsung di Silang Monas Barat Daya, Minggu pukul 05.30 WIB.
Menurut Sapta Nirwandar yang juga Co-founder dan Chairman JakMar, Jakarta mempunyai banyak spot wisata yang menarik.
Selain itu, kata dia, JakMar sebagai bagian dari sport tourism mempunyai daya tarik tinggi bagi wisman karena mereka selain penggemar olahraga lari, juga ingin menikmati keindahan Kota Jakarta sebagai salah satu tempat penyelenggaraan event tahunan maraton dunia.
“Kami yakin event ini bisa mengangkat nama Jakarta menjadi salah satu tujuan sport tourism yang dikenal dunia,” ucap Sapta.
Untuk suksesnya acara JakMar 2014 pada hari Minggu pukul 05.00-12.00 WIB sebagian jalan di Ibu Kota NKRI yang dilalui peserta maraton ditutup sejak pukul 02.00-12.00 WIB.
Sebanyak 800 personel polisi akan mengamankan jalannya kegiatan maraton tersebut.
Penyelenggaraan JakMar 2014 sendiri merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Inspiro yang kali ini diikuti sekitar 15.000 peserta.
Para peserta itu di antaranya 15 pelari elite dunia dan pelari nasional, antara lain Charles Kimutai Kigen (Kenya), Hillary Kipchirchir Kimaiyo (Kenya), Mesfin Sisay Hake (Etiopia), Philemon Kipchilat (Kenya), dan Joseph Keino (Kenya), sedangkan pelari elite nasional, yakni Agus Prayogo, Hendro, Atjong Tio, Merry Paijo, dan Erni Ulatningsih.
Penyelenggaraan JakMart 2014 berlangsung pada Minggu (26/10) bersamaan dengan car free day ini mengambil start dan finis di Silang Monas Barat Daya.
Start dimulai pukul 05.30 WIB dan diharapkan acara selesai sekitar pukul 09.00 WIB.
Sebanyak lima kategori maraton yang dilombakan, yaitu Maraton 42,195 kilometer, Half Maraton 21 kilometer, 10K (10 kilometer), 5K (5 kilometer), dan Maratoonz (khusus anak-anak).

()