Ilustrasi Bazar Ramadhan

Jakarta, Aktual.com –  Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) berencana menggelar kegiatan “Ramadhan Market” dengan konsep bazar di masing-masing kelurahan selama Ramadhan 1443 H.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Timur, Achmad Salahuddin mengatakan, kegiatan “Ramadhan Market” yang menjual berbagai kebutuhan itu dimulai pada 5 April 2022.

“Sesuai Instruksi Sekda No 28 tahun 2022 itu, kalau tidak salah mulai 5 April, pukul 10.00-16.00 WIB,” kata Salahuddindi Jakarta, Senin (4/4).

Salahuddin menambahkan peserta di kegiatan tersebut merupakan hasil kurasi dari Jakpreneur dan Sudin Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM).

Pemkot Jakarta Timur juga akan bekerja sama dengan pihak swasta di masing-masing kelurahan dengan sistem tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) untuk penyelenggaraan kegiatan.

“Ramadhan Market di seluruh kelurahan di wilayah Jakarta Timur bekerja sama dengan pihak CSR di wilayah masing-masing. Barang yang dijual macam-macam,” ujar Salahuddin.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya pada Ramadhan 1443 H juga sudah menyiapkan kegiatan seperti khatam Al-Quran, mengaji dan mengikuti kuliah tujuh menit (kultum) bagi para aparatur sipil negara (ASN).

Kemudian program berbagi takjil, makanan untuk sahur di masing-masing wilayah menggunakan sistem CSR, lalu pemasangan ornamen Ramadhan di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT).

“Rangkaian dukungan Ramadhan dari pemasangan ornamen-ornamen yang akan dilakukan oleh Bank DKI dan LRT Jakarta di wilayah KBT Duren Sawit dan Pulo Gadung,” kata Salahuddin.

(Arie Saputra)