Mekkah, aktual.com – Jemaah Indonesia terus berdatangan ke Mekkah dari Madinah dan saat ini tercatat sudah sebanyak 3.046 calon haji Indonesia sampai di kota kelahiran Nabi Muhammad tersebut.

Berdasarkan data terkini dari Sistem Komputer Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Selasa (16/7), jumlah jamaah haji yang telah tiba di Kota Mekah sampai hari ini berjumlah 3.046 jemaah.

Jumlah tersebut berdasarkan data kedatangan jemaah haji pada 14-15 Juli 2019 yang berasal dari Embarkasi Surabaya (SUB) 1 dan 2; Batam (BTH) 1 dan 2; Lombok (LOP) 1; Padang (PDG) 1; Jakarta-Bekasi (JKS) 1.

Sementara untuk rencana kedatangan jemaah hari ini, Data Siskohat menunjukkan sebanyak 6.594 jemaah akan tiba di Kota Mekah, hingga Selasa malam waktu Arab Saudi. Jumlah tersebut berasal dari 16 kloter.

Antara lain, Embarkasi Solo (SOC) 1, 2 dan 3; Jakarta-Pondok Gede (JKG) 1; Jakarta-Bekasi (JKS) 2, 3 dan 4; Palembang (PLM) 1, Surabaya (SUB) 3, 4 dan 5; Makassar (UPG) 1; Lombok (LOP) 2; Batam (BTH) 3; Padang (PDG) 2.

Banyak dari mereka yang telah tiba di Mekkah, lebih banyak menghabiskan waktu di Masjidil Haram untuk beribadah, namun tidak sedikit dari mereka terutama yang sudah berusia lanjut, memilih untuk beristirahat di hotel setelah selesai menunaikkan umrah qudum.

Jemaah yang diberangkatkan merupakan jemaah yang telah melaksanakan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Setelah menuntaskan rangkaian ibadah di Madinah, jemaah haji diberangkatkan ke Mekah untuk menunaikan ibadah umrah dan persiapan puncak ibadah haji 9 Dzulhijah.

Ant.

(Zaenal Arifin)