Tim SAR mengevakuasi korban hanyut yang meninggal di Kali Mampang, Jakarta, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-Polsek Mampang Prapatan/aa.

Jakarta, Aktual.com – Tim SAR gabungan berhasil menemukan kembali jasad anak yang hanyut di Kali Mampang, Jakarta Selatan, setelah menyisir tempat kejadian sejauh kurang lebih satu kilometer (km) dari lokasi awal.

“Jenazah kedua ditemukan sekitar 40 meter dari penemuan pertama,” kata Kapolsek Mampang Prapatan Kompol David Yunior Kanitero di Jakarta, Minggu (3/3).

Menurutnya, untuk jenazah atas nama Fais (15) berhasil ditemukan satu jam setelah penemuan jasad pertama milik April (14). Saat itu anggota tim SAR sedang menyisir Kali Mampang.

Kemudian kaki petugas menyangkut di jenazah yang sedang dicari dan jenazah langsung dievakuasi. Selanjutnya jenazah atau jasad tersebut dibawa ke RSUD Mampang Prapatan.

“Korban kedua ditemukan oleh tim SAR gabungan di bawah jembatan Pasar Jagal Kali Mampang, dengan posisi tengkurap,” tuturnya.

Dengan penemuan kedua jasad anak yang hanyut tersebut, maka operasi SAR ditutup dan semua anggota tim kembali ke satuannya masing-masing.

David sebelumnya menjelaskan kronologi kejadian saat dua anak bernama Fais (15) dan April (14). Kejadian bermula dari adanya tujuh anak-anak yang sedang bermain di Kali Mampang pada Sabtu (2/3) sekitar jam 14.00 WIB.

Dari tujuh anak tersebut, enam di antaranya mandi di Kali Mampang. Dua anak terseret arus dan teman-temannya sempat mencoba menyelamatkan dengan memegang tangan keduanya, namun terlepas karena arusnya deras.

“Anak yang berusaha menolong atas nama Ramdan (16) yang sekarang sedang dirawat karena kesulitan bernafas,” katanya yang menambahkan bahwa untuk lima anak lainnya dinyatakan selamat dari musibah tersebut.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian korban melibatkan unsur TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), warga setempat, dan pihak lainnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan

Tinggalkan Balasan