Banjarmasin, Aktual.com – Provinsi Jawa Timur (Jatim) meraih juara umum gelar Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu untuk posisi juara kedua ditempati kafilah Provinsi DKI Jakarta dan kafilah tuan rumah Provinsi Kalsel meraih juara ketiga yang diumumkan pada acara penutupan MTQN ke-29 di Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalsel, Selasa (18/10) malam.

Penutupan MTQN ke-29 yang dihadiri Wakil Menteri Agama RI Dr H Zainut Tauhid Sa’adi tersebut menetapkan Jatim juara umum dengan total nilai 87 dari 8 cabang dan 23 golongan yang dilombakan pada 10–19 Oktober 2022.

Sedangkan posisi kedua DKI Jakarta meraih nilai sebesar 66, ketiga Provinsi Kalsel meraih nilai sebesar 62, keempat Provinsi Jawa Barat dengan nilai sebesar 43, kelima Provinsi Sumatera Barat dengan nilai 35, keenam Provinsi Sumatera Utara dengan nilai 22.

Selanjutnya ketujuh Provinsi Kepulauan Riau dengan nilai 20, kedelapan Provinsi Sumatera Selatan dan Aceh Darussalam dengan nilai 12, kesembilan Provinsi Jambi dengan nilai 8 dan kesepuluh Provinsi Jawa Tengah dengan nilai 7.

Dengan demikian, Kafilah Jawa Timur berhak membawa pulang piala bergilir Presiden RI pada gelaran MTQN ke-29 yang tempat perlombaannya tersebar pada 12 titik di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Wakil Menteri Agama RI Dr H Zainut Tauhid Sa’adi yang secara resmi menutup MTQN ke-29 tersebut menyampaikan, gelar MTQN ke-29 di Kalsel berjalan sukses.

Dia pun menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi dan masyarakat Kalimantan Selatan yang sudah mendukung maksimal penyelenggaraan ini hingga berlangsung sangat meriah dan penuh prestasi.

Gubernur Kalimantan Selatan DR (HC) H Sahbirin Noor menyatakan, pemerintah provinsi juga kabupaten/kota dan masyarakat Kalsel berbangga bisa menyelenggarakan MTQN ke-29 ini.

Sebagaimana diketahui, Kalsel pertama kali menjadi tuan rumah pada 1970 atau gelar MTQN ke-2, hingga kesempatan setelah 52 tahun tersebut disambut dengan gembira dan disiapkan dengan matang.

MTQN ke-29 di Kalsel diikuti sebanyak 1.676 peserta atau qori dan qoriah dari 34 Provinsi di Indonesia.

(As'ad Syamsul Abidin)