Jakarta, Aktual.com – Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN) Wustho DKI Jakarta menyelenggarakan Bahtsul Masail Diniyah Thoriqiyah di Zawiyah wa Ma’had Arraudhah, Tebet, Jakarta pada Sabtu (31/7).

Bahtsul Masail Diniyah Thoriqiyah merupakan sebuah forum diskusi antar Ulama ahli thoriqoh di lingkungan JATMAN. Di forum ini, berbagai macam persoalan keagamaan yang berkaitan dengan permasalah thoriqoh dan tasawuf yang belum ada hukumnya, belum dibahas ulama terdahulu, dibahas secara mendalam.

“Acara ini merupakan respon dan persiapan kita atas undangan Idharoh Aliyah JATMAN yang akan menyelenggarakan Bahtsul Masail tingkat Idharoh Aliyah di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan Madura, awal agustus 2021 nanti.” Tutur Mudir Idharoh Wustho JATMAN DKI Jakarta dan pimpinan Zawiyah Arraudhah, KH. Muhammad Danial Nafis saat membuka acara tersebut, Sabtu (31/7).

Melalui forum bahtsul masail tersebut Kiai Nafis berharap para Kontingen dan delegasi dari Jakarta nanti tidak hanya sekedar hadir pada Bahtsul Masail tingkat Aliyah di Madura, tapi juga dapat membawa wacana-wacana segar khususnya dalam bidang thoriqoh dan spritual.

“Saya harap melalui acara ini para delegasi yang diutus untuk menghadiri Bahtsul Masail Idharoh Aliyah di Madura nanti tidak hanya dapat hadir secara fisik disana tapi juga telah siap membawa kehadiran intelektual”. Ujar Kiai Nafis.

 

Acara tersebut dihadiri oleh Rais Idharah Wustho JATMAN DKI Jakarta, KH. Hamdan Rasyid, Perwakilan Dewan Ifta’, KH. M. Yunus dan Sekertaris, HM Rusbiyanto Asfa, Ketua KODI DKI, KH. Jamaludin F Hasyim dan para kontingen serta perwakilan dari Idharoh Su’biyah.

Kiai Nafis juga menuturkan bahwa JATMAN DKI akan mengutus enam orang delegasi ke Madura sebagai kontingen dan membawa hasil dari Bahtsul Masail tingkat Idharoh Wustho ke tingkat Idharoh ‘Aliyah.

“InsyaaAllah tim kontingen bahtsul masail dari Jakarta dibawaj bimbingan Rais langsung nanti, Kiai Hamdan. Alhamdulillah beliau berkenan untuk ikut”. Ungkap Kiai Nafis.

Acara Bahtsul Masail yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB tersebut dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan COVID-19.(asa)

(As'ad Syamsul Abidin)