Petugas mengamati barang bukti mobil mewah Ferrari dan McLaren saat rilis kasus investasi ilegal E-Dinar Coin (EDC) Cash di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Jakarta, Aktual.com – Berbagai jenis asuransi dari perusahaan-perusahaan asuransi swasta semakin membanjiri masyarakat dengan penawaran yang beragam. Mulai dari layanan asuransi perjalanan, asuransi kesehatan dan tentunya asuransi kendaraan.

Akan tetapi, dengan adanya asuransi tidak menutup kemungkinan tetap terjadinya tindak kejahatan selama berkendara.

Kasus pencurian kendaraan bermotor atau curanmor setiap tahunnya tercatat mengalami kenaikan. Hal tersebut tentunya membuat masyarakat di Indonesia khususnya kota-kota besar seperti di Jakarta semakin resah dan berinisiatif untuk membeli asuransi mobil terbaik dengan perluasan pencurian atau huru-hara.

Untuk menghindari pencurian mobil yang dapat menimpa siapapun dan kapanpun, Kali ini Kita akan membahas beberapa tips menghindari pencurian mobil bermotor. Cobalah menerapkan tips-tips berikut supaya mobil lebih aman.

Selalu parkir mobil Anda di area yang ramai orang lalu lalang orang dan mobil. Memilih tempat parkir mobil seringkali tak Kita pikirkan faktor keamanannya. Hindari memarkir mobil secara sembarangan di tempat-tempat sepi yang tidak terjaga keamanannya dan pilihlah tempat yang ramai atau yang mudah diawasi.

Setelah memilih tempat parkir yang dirasa aman, selanjutnya amankan barang barang berharga yang diletakkan di dalam mobil di tempat yang tersembunyi.

Hindari meletakkan benda berharga di area yang mudah terlihat. Bahkan apabila membawa ransel berisi banyak barang elektronik, cobalah untuk membawanya bersama Anda saat meninggalkan mobil.

Selalu kunci pintu dan menutup rapat rapat kaca jendela mobil Anda baik ketika sedang parkir, maupun ketika sedang berhenti di lampu merah. Hal ini untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi selama Anda berhenti atau meninggalkan mobil.

Untuk mendukung keamanan mobil, pasang GPS Tracker pada mobil. Hal ini untuk mengantisipasi bilamana mobil dicuri, Anda dapat dengan mudah melacak keberadaan mobil tersebut.

Tak ada salahnya jika Anda memberikan pengaman berlapis pada mobil. Jangan ragu untuk menambahkan gembok pengaman pada roda atau kunci stir yang dapat dipergunakan selama memarkir mobil.

Hindari membuka kaca jendela kepada orang yang belum Anda kenal. Hal ini untuk menghindari berbagai kemungkinan.

Untuk Anda yang biasa menyimpan karcis parkir mobil dalam kabin mobil, hindari hal ini. Selalu bawa karcis mobil dan simpan lah di tempat yang mudah dicari supaya bisa mencegah mobil dibawa keluar oleh pihak tidak dikenal dari tempat parkir.

Setelah Anda memahami beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari pencurian mobil, selanjutnya Anda harus memahami beberapa hal mengenai modus pencurian mobil yang seringkali muncul.

Modus Ban Kempes

Salah satu modus yang sering kali dilakukan oleh para oknum pencuri utamanya di kota kota besar adalah modus ban kempes. Biasanya oknum pencuri akan pura pura memberitahu bahwa ban mobil bocor di tengah jalan dan memaksa untuk berhenti. Bila seketika Anda lengah, oknum ini akan melarikan mobil Anda beserta barang barang berharga yang dimiliki.

Modus Menempel Kertas di Kaca Belakang Mobil
Modus selanjutnya yang sering kali dilakukan oleh komplotan oknum pencuri adalah dengan cara menempelkan kertas di kaca belakang mobil Anda.

Dengan menempelkan kaca di bagian belakang mobil, spion pada kabin akan terhalang oleh kertas sehingga membuat Anda harus turun dari mobil dan mengambil kertas tersebut. Di saat sedang lengah mobil akan langsung diambil oleh oknum lain yang bersembunyi.

Setelah memahami beberapa modus pencurian yang sering kali dilakukan oleh oknum pencuri mobil, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari pencurian dengan modus yang telah Kita bahas di atas.

Untuk kasus modus ban bocor ada baiknya Anda tak langsung mempercayai ucapan orang tersebut. Bila Anda merasakan memang terjadi ban bocor dan ingin mengeceknya, berhentilah di area yang ramai orang dan jangan lupa kunci mobil Anda sekalipun hanya sebentar mengecek keadaan ban mobil.

Jika ada kertas yang menempel pada bagian belakang kaca mobil Anda, selama masih bisa melihat bagian belakang mobil dengan menggunakan spion, abaikan kertas tersebut. Selalu cek kondisi kendaraan Anda sebelum berkendara dan pastikan tidak berhenti di sembarang tempat supaya mobil tetap aman.

Jika ada orang tak dikenal mengetuk kaca mobil Anda berkali kali, hiraukan orang tersebut dan jangan sekali sekali membuka kaca mobil.

Demikian lah beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari pencurian mobil. Sekalipun mobil Anda telah dilindungi oleh asuransi mobil ada baiknya mencegah daripada menyesal di kemudian hari.

Semoga berguna

(As'ad Syamsul Abidin)