Karyawan jasa penukaran uang asing menunjukkan dolar Amerika di Masayu Agung, Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2018). Nilai tukar rupiah terhadap dolar atau kurs kembali menurun, yakni dari sebelumnya sebesar Rp 14.734 per USD pada Kamis (30/8/2018) naik menjadi Rp 14.800 per USD pada pukul 07.00 WIB. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore menguat menjelang libur akhir tahun 2019.

Rupiah ditutup menguat enam poin atau 0,04 persen di posisi Rp13.952 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.958 per dolar AS

“Pasar mata uang global tetap dalam suasana liburan setelah Hari Natal pada hari Rabu dan dengan beberapa pusat masih ditutup untuk¬†Boxing Day¬†pada hari Kamis. Aktivitas perdagangan di Jumat secara keseluruhan sebagian besar tenang,” kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Jumat (27/12).

Dari eksternal, optimisme pasar kembali meningkat pasca adanya informasi damai dagang fase satu akan ditandatangani.

China mengatakan, pihaknya berhubungan erat dengan Amerika Serikat pada upacara penandatanganan perjanjian perdagangan, setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Selasa bahwa ia dan Presiden China Xi Jinping akan mengadakan upacara untuk menandatangani kesepakatan perdagangan yang baru-baru ini dicapai dan hal tersebut akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi global ke depan.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Jumat menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp13.956 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp13.982 per dolar AS.

(Arbie Marwan)