Ilustrasi Orang Yang Berlebihan Konsumsi Makanan Manis/Antara
Ilustrasi Orang Yang Berlebihan Konsumsi Makanan Manis/Antara

Jakarta, Aktual.com – Akhir tahun semakin dekat dan masyarakat bersiap-siap untuk liburan. Di waktu liburan, orang cenderung mengonsumsi makanan tinggi kalori dengan kadar nutrisi rendah.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman menjelaskan salah satu cara menghindari makanan tidak sehat saat liburan adalah menambahkan kandungan protein lebih banyak dan menghindari karbohidrat serta makanan olahan.

“Anda akan merasa lebih kenyang, sehingga cenderung makan lebih sedikit dan mengurangi cemilan-cemilan yang tidak sehat,” kata Susan.

Protein penting untuk gaya hidup sehat karena merupakan salah satu komponen penting untuk tubuh. Porsi makan dengan memperbanyak protein juga membuat lebih cepat kenyang.

Makanan kaya protein yaitu daging, daging unggas, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga mengandung vitamin B, vitamin E, zat besi, seng, dan magnesium. Oleh karena itu, tubuh mendapatkan manfaat tambahan dari makanan yang mengandung protein.

Berikut ini beberapa tips menambahkan protein yang dikutip dari ANTARA.

1. Sarapan Sehat

Umumnya, sarapan pagi yang sering dikonsumsi saat pagi adalah nasi atau karbohidrat lainnya. Gantilah konsumsi karbohidrat menjadi oatmeal yang dicampur dengan bubuk protein. Dari sebuah studi menunjukkan, oatmeal membantu tetap kenyang sampai siang hari dan dapat membatasi asupan dalam sehari.

2. Tambahkan Camilan Bergizi

Di saat liburan, hindari perut dengan kondisi kosong. Konsumsi makanan ringan seperti yogurt atau keju tanpa lemak dengan buah, atau snack protein bar sebelum pergi. Alternatif lain adalah membawa bekal, seperti kacang tawar, protein bar, atau sepotong keju rendah lemak.

3. Memilah-Milah Jenis Makanan

Usahakan menu makanan yang dikonsumsi tetap sehat dan bergizi. Hidangan utama bisa menyajikan sumber protein tanpa lemak seperti ikan bakar, daging unggas, daging tanpa lemak, atau sumber vegetarian seperti kacang-kacangan.

Kurangi mengonsumsi karbohidrat seperti nasi putih, roti, kentang tumbuk, dan pasta tepung putih. Makanan ini bisa diganti dengan sayuran dan salad, cari kacang dan biji-bijian yang kaya protein seperti beras merah, atau pasta gandum.

Selain makanan, ‘kalori cair’ juga bisa menghasilkan banyak kalori contohnya segelas air soda ditambahkan lemon atau jeruk nipis. Tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyehatkan.

“Anda tidak harus sepenuhnya menghindari makanan favorit saat liburan. Salah satu triknya adalah mengurangi camilan, seperti kue keping cokelat (chococips/biskuit), dan sebagai gantinya, nikmati porsi kecil camilan spesial yang dikaitkan dengan liburan, seperti roti jahe. Dan jangan lupa rutinitas olahraga – dengan begitu Anda tidak hanya akan merasa lebih baik, tetapi juga akan terlihat hebat dalam liburan terbaik Anda,” terang Susan.

(Shavna Dewati Setiawan | ANTARA)

(Aktual Academy)