Baturaja, aktual.com – Menjelang mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, karena menjadi jalur perlintasan para pemudik.

“Perbaikan jalan nasional ini mulai dari perbatasan Kabupaten OKU Timur dengan OKU hingga perbatasan Muara Enim,” kata Aldy, salah seorang pekerja proyek perbaikan jalan nasional di Baturaja, Kabupaten OKU, Kamis (14/4).

Menurut dia, perbaikan jalan ini mulai dilaksanakan awal Ramadhan lalu dengan target penyelesaian rampung hingga 10 hari menjelang Lebaran.

Pengerjaan proyek itu difokuskan pada perbaikan jalan berlubang di sepanjang ruas Jalan Lintas Tengah Sumatera di perbatasan tiga kabupaten tersebut.

Hal itu dilakukan guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi kendaraan yang melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

“Untuk fokus perbaikan yaitu jalan berlubang dan bergelombang agar memperlancar arus mudik Lebaran 2022,” ujarnya.

Dalam perbaikan pekerja mengeruk jalan yang rusak sedalam kurang lebih 15 Cm dan akan di tambal dengan menggunakan aspal baru.

Sementara itu, menurut Eko, salah seorang warga Baturaja, mengaku senang karena perbaikan jalan selain memperlancar arus kendaraan, juga dapat meminimalisir angka kecelakaan akibat jalan berlubang.

“Memang sudah seharusnya diperbaiki mengingat sudah banyak lubang di sepanjang jalan lintas Sumatera ini. Apalagi Kabupaten OKU salah satu jalur perlintasan mudik sehingga perbaikan diharapkan dapat menekan angka kecelakaan akibat jalan berlubang,” ujarnya.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)