Semarang, aktual.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah mengklaim persiapan pelaksanaan Pilkada serentak sudah mencapai 99 persen.

Presentase secara kualitatif itu terkait penyiapan tempat pemungutan suara (TPS) dan pendistribusian logistik ke tingkat kelurahan/desa hingga TPS di 21 Kabupaten/kota.

“Semua persiapan termasuk skenario rekap hasil suara di tingkat kecamatan (PPK) sudah final, serta penyiapan TPS yang tinggal 10 persen hari ini akan diselesaikan dan maksimal besok,” ujar Ketua KPUD Jateng, Joko Purnomo, saat dihubungi Aktual.com, Senin (7/12).

Pihaknya mengklaim sejumlah persiapan sudah ‘all out’ oleh penyelenggara pemilu, setelah dilakukan supervisi selama dua hari di seluruh KPU Kabupaten/ Kota. “Supervisi kami lakukan di seluruh KPU Kabupaten/ Kota. Hasilnya, sudah sangat bagus dan tinggal pelaksanaan saja,” beber dia.

Ke depan, untuk menjamin hasil suara agar tetap terjaga, pihaknya telah menyiapkan dua skenario perolehan hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan (PPK).

Skenario pertama, hasil penghitungan suara yang dikumpulkan menjadi satu forum. Kedua, hasil penghitungan suara dibuat sistem paralel per desa dengan maksimal tiga desa.

“Nanti yang sistem paralel maksimal tiga desa digabung menjadi satu. Analisa itu berdasarkan jumlah dan waktu yang terbatas. Artinya disesuaikan dengan jumlah TPS,” ucap dia.

Dari sisi SDM, KPUD Jateng telah menyiapkan sebanyak 300 ribu badan penyelenggara. Utamanya KPPS telah terbentuk di 21 wilayah Kabupaten/Kota. Jumlah itu belum termasuk petugas TPS yang bertugas.

Selain itu, kata dia, dari sisi anggaran yang sebelumnya tersendat, seluruhnya sudah dicairkan dan terserap. “Badan penyelenggaran telah dilakukan bimbingan teknis. Terakhir hari ini petugas ad hoc yang akan membantu pelaksanaan coblosan besuk,” pungkasnya.

()