Longsor di Selangor
Longsor di Selangor Malaysia/NET

Malaysia, Aktual.com – Jenazah seorang anak laki-laki yang menjadi korban terakhir bencana tanah longsor di Selangor, Malaysia, berhasil ditemukan oleh tim pencarian dan penyelamatan (SAR) pada Sabtu (24/12) siang.

Aparat kepolisian setempat menyebutkan penantian selama sembilan hari berakhir ketika korban terakhir, seorang anak laki-laki, ditemukan tim penyelamat sekitar empat meter dari lokasi perkemahan Peternakan Organik Ayah di Batang Kali.

Operasi hari ke-9 berjalan sejak pukul 07.30 waktu setempat.

Pencarian difokuskan di sektor A (Hillview) dengan partisipasi berbagai aset dari instansi, terkait termasuk Kepolisian Kerajaan Malaysia yang melibatkan 10 anjing pelacak (K9) dan ekskavator untuk memfasilitasi operasi SAR.

Tim SAR berhasil mengeluarkan korban ke-31 bencana longsor tersebut sekitar pukul 17.00 dan segera membawanya ke bagian forensik Rumah Sakit Sungai Buloh untuk tindakan lebih lanjut.

Bencana tanah longsor Batang Kali terjadi pada Jumat (16/12) dini hari, yang menimbun perkemahan di sebuah pertanian organik.

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (NADMA) Malaysia menyebutkan 92 orang menjadi korban dalam peristiwa naas tersebut, yaitu 31 orang meninggal dunia dan 61 orang lainnya berhasil selamat.

Setidaknya 15 lembaga terlibat dalam upaya SAR di lokasi bencana. Tinggi longsoran diperkirakan mencapai 30 meter dan luas titik yang terdampak mencapai sekitar 0,4 hektare.

(Wisnu)