Jakarta, Aktual.com — Sering kali kita menyepelekan kebersihan dan kesehatan di dalam diri kita. Apalagi, soal organ tubuh yakni mulut. Jika kita tahu, mulut adalah organ yang sangat sering kita sepelekan.

Padahal kita tahu, berbagai makanan atau minuman dan benda lainnya bisa masuk ke dalam tubuh. Di mulut juga proses pencernaan pertama kali dilakukan, yang turut menentukan sehat tidaknya sistem pencernaan dalam tubuh.

Karena mulut merupakan salah satu proses makanan yang akan dibawa ke dalam saluran cerna, maka mulut rentan kotor dan menyimpan kotoran yang bersumber dari berbagai makanan yang dikunyah.

Bakteri juga dengan mudah dijumpai di bagian mulut dan memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah sariawan dan bau mulut. ada beberapa jenis penyakit yang kerap dialami oleh rongga mulut atau organ di dalamnya, tidak hanya sariawan.

Apa saja, berikut seperti dilansir oleh laman Boldsky, Kamis (18/8).

1. Angular cheilitis, dalam hal ini mulut akan terasa kering dan tampak berkerak serta pecah-pecah di sudutnya. Pemicunya adalah bakteri yang cukup berbahaya.
Disebutkan bahwa bakteri itu menghasilkan zat yang jika tertelan maka dapat memicu jenis penyakit kronis seperti jantung, hati, atau minimal masalah pada gigi.

2. Cold sore, masalah mulut ini biasanya muncul saat Anda mengalami demam, mulut akan tampak meradang dan merah.

3. Thrush, pemicu dalam hal ini adalah jamur jenis candida yang menyebabkan area mulut tampak putih ditumbuhi oleh sesuatu mirip susu putih. Apabila penderita mengalami diabetes maka thrush bisa bertambah parah.

4. Lidah hitam, nah yang satu ini jangan disepelekan pula, sebab perubahan warna lidah yang tadinya merah muda menjadi kehitam-hitaman ini dipicu oleh jenis minuman seperti kopi, teh, rokok, atau obat antibiotik yang Anda minum.

5. Leukoplakia, hal ini adalah kondisi gigi yang mengalami plak sebab beberapa benda asing seperti gigi palsu, kawat gigi, rokok, atau hal lain yang membuat proses pembersihan tidak tuntas.

Bisa juga muncul luka akibat stres, kurang vitamin, atau infeksi suatu bakteri yang terjadi di dinding mulut, gusi, atau lidah.

(Wisnu)