Tim sepak bola Jepang menyanyikan lagu kebangsaan sebelum mengahadapi tim sepakbola Uni Emirad Arab pada babak semi final Asian Games ke-18 di Stadion Pakansari Bogor, Rabu (29/8). FOTO: ANTARA/INASGOC/Dwi Prasetyo/ *** Local Caption ***

Bogor, Aktual.com – Tim Nasional U-23 Jepang berhasil lolos ke final usai membungkam Timnas U-23 Uni Emirat Arab dengan skor 1-0 pada laga semifinal sepak bola putra Asian Games XVIII yang digelar di Stadion Pakansari Cibinong Bogor, Rabu (29/8) malam.

Meski melewati babak pertama tanpa gol, Jepang berhasil menciptakan gol semata wayang di babak kedua lewat sepakan keras pemain pengganti Ayase Ueda.

Di babak kedua Jepang masih terus berupaya membangun serangan meski beberapa kali penyelesaian masih melenceng atau dipatahkan baris pertahanan UEA. Sementara UEA lebih sering menyerang lewat kesempatan serangan balik Gelandang Jepang Daizen Maeda beberapa kali menusuk pertahanan lawan dan melepaskan tendangan langsung, namun beberapa kali pula tendangannya melenceng dari target.

Sedangkan di kubu UEA belum menciptakan ancaman yang berarti. Permainan yang didominasi Jepang dan solidnya lini pertahanan tim Negara Matahari Terbit sulit ditembus oleh UEA.

Akhirnya Jepang berhasil memecah kebuntuan dengan menjebol gawang UEA di menit 78 hasil sepakan dari Ayase Ueda. Bola direbut oleh gelandang Kouta Watanabe dari pemain UEA lewat tekel bersih, yang kemudian memberikan umpan terobosan pada Ayase Ueda.

Ueda berhasil mengkonversi umpan yang menusuk tersebut dengan gol keras walah harus membentur mistar dan memantul tanah terlebih dulu. Jepang unggul 1-0 di akhir-akhir pertandingan.

Pada waktu tersisa, UEA mencoba menekan untuk menyamakan kedudukan. Serangan-serangan yang dibangun UEA tetap belum bisa menghasilkan gol ke gawang Jepang.

Jepang akan berhadapan dengan Korea Selatan di babak final yang akan dilangsungkan di Stadion Pakansari Cibinong Bogor pada Sabtu (1/9) guna memperebutkan medali emas. Di hari yang sama, UEA juga akan melawan Vietnam untuk memperebutkan medali perunggu sebelum laga Jepang kontra Korsel.

 

Ant.

()