Jakarta, Aktual.co — Cat semprot cepat hilang, akan melakukan debutnya di Jerman pada pertandingan Liga Jerman yang berlangsung akhir pekan ini.

Setelah FIFA mengadopsi penggunaan busa ramah lingkungan yang segera hilang dalam semenit untuk membantu mengatasi kecurangan para pemain saat dilakukan tendangan bebas pada Piala Dunia tahun ini, sejumlah federasi dan institusi lain juga mengadopsinya.

UEFA sekarang menggunakan semprotan itu pada pertandingan-pertandingan Liga Champions, dan teknologi itu juga telah diterapkan di Inggris dan Italia.

Tiga pertandingan divisi kedua Jerman pada Jumat malam (17/10), akan memperkenalkan penggunaan semprotan itu, sedangkan Liga Jerman akan menyusul penggunaannya pada Sabtu (18/10).

“Sepanjang Piala Dunia di Brazil kami melihat hal itu berfungsi dengan sempurna,” kata Herbert Fandel, ketua perwasitan Jerman, dikutip AFP, Kamis (16/10).

Penggunaan semprotan semestinya dimulai pada awal musim, namun tertunda karena peraturan-peraturan terkait lingkungan, sehingga diperlukan pengujian-pengujian lanjutan diperlukan untuk penggunaan semprotan itu.

“Semua permintaan legal telah diselesaikan, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan semprotan itu,” kata Lutz Michael Froehlich, petinggi perwasitan lain di federasi Jerman.

()

()