Jakarta, Aktual.co — Presiden terpilih Joko Widodo diagendakan menyampaikan sambutannya dalam peluncuran buku “Solusi Jokowi”, di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat,  Jumat (17/10), pukul 16.00 WIB.
Buku yang disusun oleh editor Michael Umbas dan diterbitkan oleh Penerbit Gramedia ini merekam hasil observasi terhadap berbagai gagasan Jokowi yang juga mantan Walikota Solo. Salah satunya menyangkut bagaimana gagasan Jokowi dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa.
“Pak Jokowi direncanakan akan menyampaikan sambutan sekaligus secara simbolis menyerahkan buku kepada sejumlah tamu,” kata salah seorang panitia penyelenggara, Brian Jefferson, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Aktual.co.
Dalam buku ini, penulis Michael Umbas menggambarkan apa dan bagaimana program yang akan dilakukan oleh Jokowi, Presiden terpilih bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Pemilihan Presiden 9 Juli 2014 lalu.
“Buku ini fokus pada apa saja langkah Jokowi mengatasi berbagai persoalan bangsa. Buku yang mengulas perjalanan dan style leadership Jokowo sudah cukup banyak, nah buku ‘Solusi Jokowi’ memilih fokus pada langkah Jokowi saat jadi presiden,” kata Umbas.
Dibalik perilaku dan penampilannya yang merakyat dan sederhana, Jokowi memiliki banyak gagasan yang inovatif namun tetap realistis untuk dilaksanakan.
“Yang meremehkan Jokowi salah alamat jika tahu yang sebenarnya. Semua diurai di buku ini,” kata dia.
Dalam peluncuran buku itu, sejumlah pembicara dihadirkan untuk membedahnya. Diantaranya Prof Hamdi Muluk, Adhie MS, Eko Sulistyo dan pengamat ekonomi Michael Steven. Sebagai moderator tokoh muda NU, Zuhairi Misrawi.

()