Jakarta, Aktual.co — Koordinator Residen Perserikatan Bangsa-Bangsa Douglas Broderick menyampaikan apresiasi atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru Indonesia Joko Widodo dan Jusuf Kalla di gedung MPR, Jakarta.
“Hari ini merupakan hari berbahagia. Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, telah menyampaikan ucapan selamat dan kami sangat bahagia bisa berada di sini menyaksikan pelantikan,” kata Broderick seusai acara pelantikan di Jakarta, Senin (20/10).
Broderick mengatakan organisasi internasional tersebut menantikan kepemimpinan Joko Widodo agar dapat membawa kemakmuran dan kelanjutan pertumbuhan ekonomi yang menggapai semua lapisan masyarakat.
Koordinator PBB juga mengapresiasi pidato Presiden Jokowi yang mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam membangun Indonesia.
“Dia (Jokowi) memastikan seluruh warga berada di kapal yang sama dan rela turun ke lapangan untuk menolong warga Indonesia lain dalam mencapai pembangunan yang berkesinambungan serta pertumbuhan ekonomi yang merata,” kata Broderick.
Menurut Broderick, tantangan terbesar di era pemerintahan Jokowi adalah ketidakmerataan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat yang tersebar di beberapa daerah.
“Namun hal itu dapat diatasi oleh Indonesia jika rakyat dan pemerintah bekerja bersama dalam pembangunan ekonomi,” kata Broderick.
Koordinator Residen PBB mengatakan Jokowi juga perlu menuntaskan masalah kualitas pendidikan yang ada di Indonesia agar tersebar dengan merata.
“Presiden Jokowi telah menyebutkan pendidikan dalam pidatonya dan kami harap Indonesia dapat lebih berperan dalam pembangunan pendidikan,” kata Broderick.

()