Jakarta, Aktual.co — Pengamat politik Universitas Gadjah Mada, Mada Sukmajati mengatakan Presiden Joko Widodo harus menginformasikan dan menjabarkan program 100 hari mengawali masa tugasnya dalam rangka menjaga optimisme rakyat terhadap pemerintahan yang dipimpinnya.
“Memberitahukan hal apa saja yang akan dilakukan, penting bagi Jokowi untuk memastikan harapan dan optimisme baru masyarakat mulai dia dilantik hingga lima tahun ke depan,” kata Mada Sukmajati, Selasa (21/10).
Perumusan program 100 hari, menurut dia, untuk saat ini masih tetap relevan bagi Jokowi meskipun hal serupa juga telah dilakukan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.
Menurutnya, informasi program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang juga bermanfaat bagi Jokowi, untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa optimisme dan harapan masyarakat dipastikan terkelola dan terlembaga dengan baik.
“Baik untuk Pak SBY, Jokowi, itu masih tetap relevan untuk menjawab harapan masyarakat,” kata dia.
Dirinya menilai, harapan masyarakat terhadap pemerintahan baru di bawah komando Jokowi cukup besar. Hal itu terlihat dengan munculnya berbagai sambutan meriah masyarakat di berbagai daerah yang diwujudkan dengan perayaan yang bersifat spontanitas.
“Saya lihat harapan masyarakat cukup besar kepada Pak Jokowi, sehingga benar-benar harus bisa ditangkap dan disadari pemerintahan baru ini,” kata dia.

()

()