Jakarta, Aktual.co — Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago (Ipang) menilai, terpilihnya Susi Pudjiastuti sebagai menteri Kelautan dan Perikanan di dalam kabinet kerja, hanya sebagai balas jasa saja.
“Jokowi menunjuk Susi Pudjiastuti, menurut saya bukan alasan atau pertimbangan kapasitas dan kompetensi keahlian, kemungkinan  alasan nomor satu menunjuk Susi Pudjiastuti adalah alasan (sebagai salah satu) donatur Pilpres,” kata Ipang dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta , Senin (27/10).
Dirinya merasa bingung dengan sikap Jokowi dalam menempatkan orang-orangnya di kabinet. Padahal, kata dia, sejumlah nama yang berkompeten untuk menjalankan sistem pemerintahan tidak diakomodir.
“Saya juga bingung, kecewa, aneh bin ajaib kenapa Pramono Anung, Budiman, Maruar Sirait tersingkir? Padahal mereka aktivis PDI P sendiri. Para aktifis yang punya kapasitas tersingkir sudah,” kata dia. (Baca: Tak Lulus SMA, Menteri Susi Pudjiastuti Jadi ‘Buah Bibir’)

(Novrizal Sikumbang)

()