Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo menyambut Perdana Menteri India Narendra Modi yang melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 29-31 Mei 2018.

PM Modi tiba di halaman Istana Merdeka pada Rabu pukul 10.15 WIB menumpang kendaraan VVIP dikawal pasukan nusantara yang terdiri dari pasukan berkuda serta drum band Paspampres.

Presiden Jokowi menjabat tangan PM Modi usai turun dari kendaraan dan mengajaknya ke mimbar kehormatan untuk mengikuti upacara penyambutan resmi dengan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

Dentuman meriam sebanyak 19 kali pun mengiringi lagu kebangsaan yang dimainkan drumband.

Selain itu, Jokowi dan Modi juga memeriksa barisan pasukan upacara dan menuju ruang kredensia untuk mengisi buku tamu serta melakukan pertemuan “tete-a-tete” di Istana Merdeka.

Sejumlah pejabat yang turut menyambut PM Modi antara lain Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Berikutnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Enggartiasto Lukita, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Duta Besar RI untuk India Sidartho Suryodipuro.

Menurut agenda kepresidenan, kedua pemimpin itu juga melangsungkan pertemuan bilateral dan menyaksikan pengumuman dokumen kerja sama.

Berbagai isu bilateral sedianya dibahas dalam pertemuan, mulai dari maritim, ekonomi, sosial budaya, serta isu regional dan global.

Selain acara di Istana Kepresidenan Jakarta, Presiden Jokowi dan PM Modi akan menyambangi Festival Layang-Layang India-Indonesia di Lapangan Monas.

Selama di Jakarta, Modi juga akan menemui diaspora India di Balai Sidang Jakarta.

Perdana Menteri ke-14 India itu direncanakan menghadiri CEO Forum Indonesia-India kedua, setelah pertama kali diadakan pada 2016 di sela kunjungan Presiden Jokowi ke India.

Forum tersebut bertujuan meningkatkan kerja sama bisnis kedua negara.

 

Ant.

()