Jakarta, Aktual.co — Dalam pidato kenegaraan pasca pelantikan sebagai presiden, Joko Widodo sempat mengucapkan terima kasih kepada perwakilan negara sahabat. Jokowi memberi penghargaan yang sebesar-besarnya kepada kepala negara dan pemerintahan serta utusan khusus dari negara-negara sahabat.
Jokowi juga ingin menegaskan, di bawah pemerintahannya, Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, sebagai negara kepulauan, dan sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, akan terus menjalankan politik luar negeri bebas-aktif.
“Politik bebas aktif akan diabdikan untuk kepentingan nasional, dan ikut serta dalam menciptakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” tegas Jokowi dalam pidato pasca pelantikan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/10).
Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada SBY dan Boediono yang telah memimpin penyelenggaraan pemerintahan selama lima tahun terakhir.

(Novrizal Sikumbang)