Dirjen Migas ESDM , I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja

Jakarta, Aktual.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mencopot I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja dari Jabatannya sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) pada Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM.

Selanjutnya Jabatan itu diduduki oleh Ego Syahrial. Sedangkan Wirat sendiri dipindah tugaskan menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral .

Jonan menekankan kepada Wirat agar Sekolah Tinggi Energi dan Mineral Aka Migas digabung dengan unit pengembangan.

“Saya ingin BPSDM itu menjadi sesuatu lembaga pendidikan yang punya lembaga yang bagus, konten yang up to date. Saya kasih waktu sampai Desember paling lama, Aka Migas harus digabung dengan satu unit pengembangan energi,” tegas Jonan.

“50 tahun lalu, itu lulusan Aka migas sempat menjadi Direktur Pertamina. Sekarang makin lama makin surut dan sebagainya. Jadi saya tegaskan pak Wirat, kan bapak punya hubungan emosional yang panjang, benahi ESDM sesuai dengan kebutuhan zaman,” ibuh dia.

Namun terlepas dari itu, tugas berat telah menghadang Ego, permasalahan hulu migas telah mencemaskan semua pihak akan ketahanan energi nasional.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, jumlah KKKS terus menurun, WK Migas tidak laku dan nilai investasi hulu migas terus merosot. Demikian suram perkembangan hulu migas membutuhkan dobrakan dan kinerja yang optimal untuk memastikan ketahanan energi nasional.

Laporan: Dadangsah Dapunta

(Nebby)