Jakarta, Aktual.com – Pesepak bola Spanyol yang resmi menjadi WNI pada Kamis (17/11), Jordi Amat, menargetkan dirinya lancar berbahasa Indonesia pada 2023 demi mempermudah komunikasi dengan rekan-rekannya di tim nasional Indonesia.

“Saya sedang belajar, berharap tahun depan sudah bisa,” ujar Jordi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Jakarta, Kamis (17/11).

Sejauh ini pemain berusia 30 tahun itu sudah menguasai beberapa kosakata dalam bahasa Indonesia.

Jordi pun lancar mengucapkan lima sila Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan melafalkan sumpah setia sebagai WNI.

Menurut pemain tim Johor Darul Ta’zim di Liga Super Malaysia itu, mampu berbahasa Indonesia menjadi salah satu bentuk kesungguhan setelah resmi menjadi bagian dari NKRI.

“Saya sangat senang dan bangga menjadi WNI, keluarga saya juga demikian. Saya tidak punya kata kata untuk menggambarkan perasaan saya saat ini,” kata Jordi.

Setelah menjadi WNI, Jordi mengaku tidak sabar memperkuat tim nasional Indonesia yang sesaat lagi akan berlaga di Piala AFF 2022.

Meski begitu, dirinya harus sabar menunggu lantaran proses perpindahan federasinya, dari RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) ke PSSI, belum tuntas.

“Saya berjanji akan memberikan semua buat timnas dan berusaha mendapatkan trofi serta hasil yang bagus untuk Indonesia,” tutur Jordi.

Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai melakukan pengambilan sumpah janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis.

Jordi Amat (30 tahun) dan Sandy Walsh (27 tahun) merupakan pesepak bola berposisi bek keturunan Indonesia, masing-masing berkewarganegaraan Spanyol serta Belanda, dan lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta’zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Pada turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad “Garuda”.

(As'ad Syamsul Abidin)