Jumlah Penumpang
Kapal Ferry/DOK ANT

Lampung, Aktual.com – PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Lampung memprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang hingga 13 persen saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Kenaikan jumlah penumpang diperkirakan naik 13 persen dari tahun lalu,” kata General Manager PT. ASDP Cabang Bakauheni Suharto, di Bakauheni, Sabtu (17/12).

Ia menyebutkan, untuk mengatasi lonjakan jumlah penumpang kapal pihaknya telah menyiapkan kantong parkir pelabuhan.

“Untuk di pelabuhan kami menyiapkan kapasitas kantong parkir 6.300 unit kendaraan kecil, dan 2.300 untuk kendaraan besar atau truk,” jelasnya.

Dia juga mengatakan guna keamanan dan kenyamanan pengguna jasa penyeberangan kapal, pihak ASDP bersama TNI-Polri menyiapkan sebanyak 84 personel keamanan internal dan 29 personel TNI Polri.

“Kami menyiapkan sebanyak 147 orang untuk penjaga loket,” kata dia.

Pihak ASDP juga menyarankan kepada para penumpang jasa penyeberangan kapal jangan membeli tiket di sekitar pelabuhan, karena pembelian tiket sekarang sudah bisa dilakukan di semua outlet dan secara online, tujuannya untuk menghindari penumpukan di pelabuhan.

PT. ASDP Cabang Bakauheni sendiri telah mempersiapkan tujuh dermaga guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Kami menyiapkan sebanyak tujuh dermaga yakni enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif,” kata General Manager PT. ASDP Cabang Bakauheni, Suharto.

Suharto juga menyampaikan untuk kesiapan menjelang libur Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, pihaknya menyiapkan 65 unit kapal.

(Wisnu)