Ukara, aktual.com – Para penyelam kembali mencari penyintas di kapal feri yang terbalik dan tenggelam di Danau Victoria, Tanzania.

Seorang pejabat mengatakan jumlah korban yang meninggal dalam bencana pada Kamis itu naik jadi 161.

Empat penyelam angkatan laut memasuki kapal feri MV Nyerere pada Sabtu (22/9) setelah mendengar suara bahwa ada tanda-tanda kehidupan.

Pencarian mereka sebelumnya gagal menemukan para penyintas, sedangkan mayat-mayat terus mengambang ke permukaan di sekitar kapal tersebut.

Stasiun radio TBC mengutip John Mongella, komisaris untuk kawasan Mwanza tempat bencana itu terjadi melaporkan jumlah korban yang meninggal dalam bencana itu mencapai 161 orang.

Kapal feri naas itu tenggelam pada Kamis malam hanya beberapa meter dari dermaga di Ukerewe, pulau terbesar di danau yang merupakan bagian dari Tanzania. Perkiraan awal menunjukkan bahwa kapal tersebut membawa lebih dari 300 orang.

Jumlah tepat yang naik feri itu sulit didapatkan karena awak dan peralatan hilang, kata pejabat pada Kamis.

Pada Jumat, Presiden John Magufuli memerintahkan penangkapan terhadap mereka yang bertanggung atas tenggelamnya kapal itu.

Tanzania dilanda sejumlah kecelakaan besar angkutan kapal ferinya dalam beberapa tahun belakangan.

Sedikitnya 500 orang tewas akibat feri terbalik di Danau Victoria pada 1996. Pada 2012, 145 orang tewas sesudah feri karam di lepas pantai Zanzibar, kepulauan Tanzania di Samudra Hindia.

 

Antara


 

(Novrizal Sikumbang)