Banjarbaru, aktual.com – Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso mengingatkan masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial guna menghindari aksi tindak kejahatan.

Salah satu yang paling rawan yaitu postingan sedang bepergian. Sehingga menggambarkan rumah kosong ditinggal pemiliknya.

“Jangan diposting rumah kosong di medsos. Tidak usah mengupload di status Facebook atau Instagram diumumkan bahwa anda sedang bepergian, sehingga malah mengundang orang-orang yang berniat jahat,” kata Doni di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (25/12).

Doni mengutarakan hal itu mengingat saat ini berlangsung libur panjang anak sekolah yang biasanya diiringi dengan bepergiannya masyarakat satu keluarga hingga rumah kosong ditinggal pemiliknya.

“Pastikan barang berharga disimpan di tempat yang aman. Kalau bisa juga upayakan memasang kamera CCTV, sehingga jika terjadi hal-hal tak dinginkan bisa mempermudah pengungkapan, termasuk dapat mengurungkan niat pelaku kejahatan,” jelasnya.

Selain tindak pidana pencurian, tambah Doni, masyarakat yang meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama juga diimbaunya untuk mengecek lagi listrik, tabung gas hingga kran air.

“Pastikan betul-betul listrik dimatikan, air kran tertutup dan tabung gas dilepas selang regulatornya. Hal ini untuk mencegah bahaya kebakaran,” katanya ketika ditemui ANTARA bersama Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengecek pengamanan gereja di hari Natal.

Untuk memberikan rasa aman selama libur akhir tahun ini, Doni pun menginstruksikan jajarannya meningkatkan patroli ke pemukiman penduduk.

Anggota Bhabinkamtibmas dimintanya lebih proaktif mendata rumah kosong yang ditinggal pemiliknya liburan atau mudik dengan berkoordinasi dengan Ketua RT setempat.

Kemudian menggelar patroli bersama Babinsa dan Koramil jajaran Kodim 1006/Martapura untuk memberikan rasa kepada masyarakat selama musim libur saat ini.

Sebagai bentuk kesiapsiagaan Polres Banjarbaru dalam pengamanan libur Natal dan tahun baru, ada tiga pos pengamanan dan pos pelayanan Operasi Lilin Intan 2019. Yaitu Pos Pengamanan di Bundaran Kamaratih, Pos Pengamanan di Bundaran Simpang 4 Banjarbaru dan Pos Pelayanan Terpadu di Bandara Internasional Syamsudin Noor. (Eko Priyanto)

(Zaenal Arifin)