Jakarta, Aktual.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menunjuk Komjen Agus Andrianto sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri yang baru. Penunjukkan tersebut tertuang dalam surat telegram resmi nomor STR/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021.

“Iya benar,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Kamis (18/2).

Dalam surat telegram itu, jabatan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) yang ditinggalkan Agus digantikan oleh Komjen Arief Sulistyanto. Arief sebelumnya menjabat sebagai kepada Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdiklat) Polri.

Sementara Jabatan Kalemdiklat kemudian digantikan oleh Komjen Rycko Amelza yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen (Kaba Intelkam) Polri. Posisi lama Rycko digantikan oleh Irjen Paulus Waterpaw yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua.

Kapolda Papua saat ini diisi oleh Mathius D. Fakhiri yang sebelumnya menjabat Wakapolda Papua. Jabatan yang ditinggalnya lalu digantikan Kombes Eko Rudi Sudarto.

Selanjutnya, Irjen Panca Putra dimutasi dari Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) ke Kapolda Sumatera Utara (Sumut). Sedangkan Irjen Nana Sudjana yang sebelumnya menjabat Koordinator Staf Ahli Kapolri (Korsahli) diangkat ke jabatan Kapolda Sulut. Jabatan lamanya digantikan oleh Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumut.

Rotasi jabatan juga dilakukan terhadap Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto yang dimutasi ke Pati Lemdiklat untuk penugasan kuar instansi. Sementara itu, jabatan Kapolda Lampung digantikan Wakabareskrim Irjen Wahyu Hadiningrat.

Kemudian, posisi Wakabareskrim digantikan Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dir Tipidter) Brigjen Syahardiantono. Sedangkan jabatan Dir Tipidter digantikan wakilnya Kombes Pipit Rismanto. Lalu, jabatan Wadir Tipidter digantikan Kombes Abdul Karim yang sebelumnya menjabat Wadir Tindak Pidana Korupsi. Jabatan Wadir Tipikor diisi Kombes Cahyono Wibowo.

Lebih lanjut, jabatan Wakapolda Kalimantan Tengah berganti dari Brigjen Suryanbodo Asmor menjadi Brigjen Ida Oetari Poernamasari. Jabatan Wakapolda Bali pun berganti dari Brigjen Rocke Harry Langie menjadi Brigjen I Ketut Suardana.

Pergantian jabatan juga terjadi pada Kapolres Tanjung Priok, dari AKBP Ahrie Sonta Nasution menjadi AKBP Putu Kholis Aryana. Putu sebelumnya menjabat Kanit III Subdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim.(RRI)

(Warto'i)