Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. IST

Jakarta, Aktual.com – Tokoh pemuda Jakarta, M Munif Abdurrasyid puji keberanian Menteri BUMN Erick Thohir dalam memberantas korupsi di tubuh BUMN.

Mantan bos Inter Milan ini langsung tancap gas ‘bersih-bersih’ oknum-oknum yang merugikan negara.

“Bisa kita katakan beliau sukses memberantas korupsi di tubuh Kementerian BUMN,” jelas Munif dalam keterangannya yang diterima, Kamis (29/12).

Selama tiga tahun menjadi Menteri BUMN, Erick Thohir berhasil menyelesaikan berbagai kasus korupsi. Dengan reputasinya itu, Erick dikenal sebagai pemimpin bersih dan berintegritas.

Kasus-kasus korupsi ini di antaranya adalah Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia. Ketiga kasus tersebut berhasil diselesaikan oleh Erick Thohir dengan menggandeng Kejaksaan Agung dan BPKP.

Selain itu, Erick Thohir juga tengah berupaya menyelesaikan dugaan korupsi di dalam tubuh PLN dan Krakatau Steel.

Secara pararel, Erick Thohir memastikan kasus-kasus serupa tidak terulang dengan melakukan transformasi tata kelola perusahaan dengan berkolaborasi bersama Kejaksaan Agung dan BPKP.

Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini juga menerapkan manajemen anti suap atau ISO 34001. Tak tanggung-tanggung seluruh wilayah Kementerian BUMN menerapkan sistem manajemen tersebut untuk meminimalisir tindak pidana korupsi.

Di samping itu, Erick Thohir juga akan mengeluarkan black list oknum-oknum yang pernah tersangkut kasus korupsi. Black list ini akan menjadi acuan bagi seluruh perusahaan BUMN agar para oknum tersebut tidak lagi bisa bekerja di perusahaan pelat merah.

Munif yang juga Ketua BEM Universitas Budi Luhur menyatakan perang terhadap korupsi merupakan catatan yang sangat baik dimiliki oleh Erick Thohir. Mengingat korupsi adalah tindakan yang harus diperangi bersama.

“Suatu catatan baik bagi Pak Erick Thohir karena bisa menyelesaikan kasus-kasus korupsi di Kementerian BUMN. Karena memang korupsi adalah musuh kita bersama,” pungkas Munif.

(Wisnu)