Jakarta, Aktual.com — Karnaval budaya batik pada rangkaian kegiatan ‘Pekan Batik Internasional 2015’ Kota Pekalongan, Jawa Tengah, diikuti oleh 104 peserta dari berbagai kalangan, kata Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan Doyo Budi Wibowo.

“Pada kegiatan festival Pekan Batik Internasional yang akan dimulai pada 30 Juli hingga awal Agustus 2015 ini diikuti oleh komunitas masyarakat, pelajar, dan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pemerintah kota setempat,” katanya di Pekalongan, Selasa (28/7).

Ia yang didampingi Kepala Bidang Pariwisata Sigit Mursito itu, mengatakan peserta karnaval budaya batik dibagi menjadi dua kelompok, yaitu budaya kreatif dan festival kostum.

Pada kelompok budaya kreatif, kata dia, tercatat ada 16 kelompok, sedangkan festival kostum akan diikuti 104 perserta.

“Karnaval budaya batik ini akan digelar pada Minggu (2/8). Jika biasanya pelaksanaan karnaval ini pada siang hari tetapi kali ini diselenggarakan mulai pukul 08.00 WIB,” katanya.

Ia mengatakan persiapan kegiatan tahunan Pekan Batik Internasional yang akan digelar mulai 30 Juli hingga 3 Agustus 2015, kini sudah mencapai 100 persen.

“Ada tiga acara penting pada agenda tersebut, yaitu Pekan Batik, Pekan Inovasi dan Tekhnologi, dan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan Pekan Batik rencananya dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan serta Menteri Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir.

(Ant)

()