Pemprov DKI Jakarta besok selasa (11/7) akan menertibkan 361 bidang bangunan dan empat RT yang terletak di bantaran Sungai Ciliwung untuk melanjutkan program normalisasi sungai. AKTUAL/Munzir

Jakarta Aktual.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta warga Jakarta yang berada di aliran sungai Ciliwung agar waspada, responsif namun tidak panik.

“Kabar kewaspadaan mengingat laporan dari pintu di Katulampa yang sudah menunjukkan status siaga satu. Saya habis nelepon Walikota Bogor, Bima Arya, beliau menyampaikan siaga satu di Katulampa saat tadi saat bicara 240 centimeter,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (5/2).

Gubernur mengatakan bahwa keadaan tinggi air seperti saat ini terjadi pada tahun 2013 dan di Bogor ada 13 titik banjir menurut keterangan Bima Arya.

“Dengan info itu, yang di Jakarta harus mengatisipasi. Anies mengimbau warga yang di daerah aliran sungai khususnya Ciliwung untuk waspada status siaga satu sekitar pukul 09.00 WIB. Air akan sampai sembilan jam sampai pada titik – titik Jakarta sekitar pukul 13.00 WIB akan sampai di Jakarta,” kata Anies.

Saat ini ketinggian permukaan air laut di Marina 184 centimeter dan suara sungai 185 centimeter . Semua pintu air dibuka penuh, katanya.

“Kita juga memastikan seluruh pompa siaga berfungsi siap untuk memompa, per jam ini di hilir sudah disiapkan 30 pompa mobile yang bergerak siap kapan saja, ada 200 pompa seluruhnya,” kata Anies.

Dia menambahkan seluruh pompa dalam kondisi siaga lebih dari 30 mobil yang bergerak leluasa saat ini posisi sudah standby di Cililitan, Bidara Cina, Kampung Melayu, Balekambang, Bukit Duri dan Cawang.