Jayapura, Aktual.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengharapkan kalangan kaum muda di wilayahnya dapat lebih menggali potensi perekonomian yang ada.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy di Jayapura, Selasa (27/4), mengatakan pihaknya melihat orang-orang muda Papua hingga kini masih banyak yang vakum dan tidak menggali potensi-potensi ekonomi yang ada di sekitarnya.

“Jika dilihat mulai dari telur, cabai bahkan tomat hingga kini masih didatangkan dari luar Papua dan ini seharusnya menjadi peluang bagi anak-anak muda untuk diberdayakan,” katanya.

Menurut Dance, setelah dapat melihat peluang kerja atau usaha ini maka ke depan harus dilakukan pendampingan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerjanya.

“Bahkan pihak perbankan harus aktif membantu anak-anak muda ini mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk itu, ke depan pihaknya juga akan memanggil pihak perbankan di wilayahnya agar dapat mempermudah anak muda yang notabenenya pengusaha kecil misalnya untuk membantu dalam hal modal usaha.

“Terutama Bank Papua, sebagai banknya orang Papua, maka ke depan akan kami panggil untuk duduk bersama dan membahas hal ini,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap anak-anak muda ini dapat mengerti, paham dan mengambil peluang usaha yang ada sehingga perekonomian Papua dapat lebih berkembang.(Antara)

(Warto'i)