Jakarta, Aktual.com – Beredar video pertemuan Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao yang tengah menjenguk Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di dunia maya.

Dalam video yang berdurasi pendek tersebut nampak Xanana yang mengenakan kemeja batik berada di samping tempat tidur tempat Habibie terbaring.

Keduanya bertatapan ketika Xanana Gusmao mengucapkan beberapa kata sambil menepuk-nepuk bagian dada Habibie yang tertutup selimut.

Setelah itu, Xanana mengecup dahi Habibie yang dibalas dengan pelukan Habibie. Tangan Habibie tampak merangkul leher Xanana yang membuat kepala Xanana jatuh ke atas dada Habibie.

Salah satu akun Facebook milik Duta Besar Timor Leste Alberto Xavier Parreira Carlos juga nampak mengunggah momen haru tersebut.

“OUR DEEPEST CONDOLENCES. We will always remember you, BAPAK,” tulis Alberto dalam akunnya tersebut.

Seperti diketahui bahwa Xanana memang mempunyai hubungan yang cukup spesial dengan Habibie, dimana pada masa Orba Xanana menjadi tahanan politik. Di samping itu, Habibie juga punya peran dalam kemerdekaan Timor Leste.

Jenazah Habibie telah dikebumikan di samping makam istrinya, Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis siang kemarin.

(Abdul Hamid)