Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menghadiri acara sidang tahunan MPR 2017 di Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). Sidang tahunan ini dihadiri sejumlah tokoh nasional, menteri kabinet kerja, anggota DPR dan pejabat negara lainnya. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com — Mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo dinilai menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) terfavorit dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal ini setidaknya tergambar dari hasil survei yang dilakukan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik (KedaiKOPI).

Masih berdasar hasil survei yang sama, sosok TGB Zainul Majdi dinilai sebagai cawapres paling religius.

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Vivi Zabkie mengatakan Gatot menjadi figur paling favorit pilihan masyarakat dibandingkan tujuh sosok lainnya, dengan raihan 17,5%.

Posisi Gatot diikuti oleh Agus Harimurti Yudhoyono (8,7%), Anies Baswedan (8,6%), TGB Zainul Majdi (6,2%), Abraham Samad (4,1%), Tito Karnavian (3,9%), Muhaimin Iskandar (1,7%), Rizal Ramli (1,1%) dan nama nama lainnya.

Saat publik diajukan pertanyaan terbuka, bila pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang akan anda pilih sebagai Wakil Presiden? 4,6% responden menyebut nama Gatot Nurmantyo. Nama lain yang menempati top of mind publik sebagai calon wakil presiden adalah TGB Zainul Majdi (4,4%) dan Agus Harimurti Yudhoyono (4,3%).

“Ini adalah tiga nama teratas yang dipikirkan masyarakat sebagai calon walaupun sebagian besar masyarakat belum memutuskan soal calon wakil presiden ini (53,5%),” jelas Vivi dalam siaran persnya, Minggu (14/4).

Selain itu, Vivi juga mengungkapkan, jika masyarakat menyepakati bahwa Presiden harus memiliki lima kriteria, yaitu kompeten; jujur dan dapat dipercaya; perhatian terhadap rakyat; santun; dan religius.

“Dengan melihat karakter ini ada sejumlah nama yang dianggap mewakili, selain Jokowi, Prabowo dan Gatot, maka TGB Zainul Majdi masuk dalam kriteria ini,” tambah Vivi.

Rata-rata dari 5 karakter itu, Jokowi selalu menempati rangking pertama kecuali, kriteria religius yang predikatnya diberikan publik kepada Gubernur NTB TGB Zainul Majdi.

“Publik berpendapat TGB Zainul Majdi sebagai pemimpin yang paling religius mengungguli Jokowi, Gatot, Prabowo, Abraham Samad, Agus Harimurti dan lainnya,” jelas Vivi.

Pada elektabilitas partai politik, PDI Perjuangan memperoleh 20,1% ketika responden ditanya partai politik apa yang akan mereka pilih pada Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 nanti. Diikuti Gerindra (9,5%), Partai Golkar (6,9%), Partai Demokrat (4,6%), PKB (4,6%), PKS (3,9%), PPP (3,6%), Partai Nasdem (3,5%), PAN (3,4%), Partai Perindo (3,3%), Partai Hanura (2,3%), PBB (0,2%).

Sementara 3 partai baru berada urutan terbawah dengan hanya Partai Garuda mendapat suara (0,2%) dan PSI dan Partai Berkarya 0%. Alasan pemilihan partai-partai ini utamanya berdasarkan program partai, tokoh/kader yang disukai serta ideologi/latar belakang partai.

Survei ini dilakukan terhadap 1135 responden di 34 propinsi dengan Margin of Error (MoE) +/- 2,97 % pada interval kepercayaan 95,0%.

Responden adalah masyarakat umum yang telah berusia 17 tahun/lebih atau sudah menikah dan dipilih dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling dan diwawancarai dengan tatap muka (home visit).

(Teuku Wildan)