Muara Enim, Aktual.com – Keinginan masyarakat di Tiga Desa Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim yang menginginkan adanya jaringan listrik di kawasannya akhirnya Dapat diwujudkan, hal tersebut Merupakan Sebagai bentuk wujud nyata pemerintah dalam mewujudkan energi yang berkeadilan.

Pj. Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar, Bersama Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, Telah Meresmikan Jaringan Listrik PT. PLN (Persero) di Tiga Desa Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara enim Yang Betempat Di Desa Pelakat, Pada Selasa (27/7)

Adapun Ketiga Desa Yang Diresmikan Jaringan Listrik Tersebut Yaitu Desa Pelakat, Desa Danau Gerak dan Desa Tanjung Agung, Yang Terletak Di Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muara Enim.

PJ Bupati (Kiri)Gubenur Sumsel (Tengah) Dan General Manager PT PLN (Kanan) Saat Menekan Tombol Sirine Tanda Diresmikanya Jaringan Listrik Pada Selasa (27/7)

Dalam sambutannya Pj. Bupati Melaporkan kepada Gubernur Sumatera Selatan “Atas nama pemerintah Kabupaten Muara enim dan masyarakat Semende Raya Kami sangat bersyukur dan berbahagia karena 3 (tiga) desa diujung barat Provinsi Sumatera Selatan ini, yaitu Desa Pelakat, Desa Danau Gerak dan Desa Tanjung Agung yang selama ini menikmati listrik dengan Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMH), akhirnya dapat dialiri jaringan listrik dari PT. PLN, “Ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj. Bupati sampaikan bahwa rasio desa berlistrik di Kabupaten Muara Enim saat ini sebesar 99,6 % dan rasio kepala keluarga atau rumah tangga berlistrik sebesar 87,97 %.

“Dengan adanya penambahan jaringan listrik di 3 desa hari ini dengan taksiran sebanyak 4.419 kepala keluarga, maka akan meningkatkan nilai total rasio elektrivikasi Provinsi Sumatera Selatan sari 98,01% menjadi 99,00% dan secara spesifik peningkatan rasio desa berlistrik PLN di Provinsi Sumatera Selatan naik dari 98,77% menjadi 98,89%. “Terangnya.

General Manager PT PLN Persero Memberikan Bantuan Kepada Pemkab Muara Enim Untuk meningkatkan sarana Dan Perasarana Di Kampung Malaka 

Pj. Bupati Mengucapkan terimakasih kepada Gubenur Sumatera Selatan Dan manajemen PT. PLN (Persero) yang dalam hal ini dihadiri langsung oleh, Bambang Dwiyanto, Selaku General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.

“Terakhir dirinya berharap sentuhan dari Gubernur Sumatera Selatan dan juga PT. PLN (Persero) untuk dapat menambah jaringan listrik di Dusun IV Desa Babatan Kecamatan SDL, Desa Segamit ,Desa Tanjung Tiga Kecamatan SDT, “Tutup Nasrun Umar.

Gubenur Sumsel, H. Herman Deru Dalam Sambutan Nya menyampaikan. “Listrik ini kebutuhan utama. Alhamdulillah 99 persen wilayah di Sumsel ini sudah tercover listrik,” kata Herman Deru.

Apalagi, Sumsel ini merupakan sentral energi listrik di pulau Sumatera. Tentunya untuk mewujudkan pemerataan jaringan listrik bukan hal yang mustahil.

“Sumsel khususnya Muara Enim merupakan sentral energi listrik di Sumatera. Mulai dari Aceh hingga Lampung sebagian besar listriknya di pasok dari Muara Enim.

Masuknya listrik di tiga desa yang meliputi Desa Danau Gerak, Desa Pelakat dan Desa Tanjung Agung tersebut merupakan komitmen Herman Deru dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Ini komitmen kita. Keberadaan listrik ini dapat mendorong anak-anak semakin semangat belajar dengan maksimal. Ini juga untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Listrik bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan perekonomian,” tuturnya.

Gubenur Bersama Pj Bupati Memberikan Bantuan Kepada Masyarakat Yang terdampak COVID-19

Dia menjelaskan, suksesnya pembangunan jaringan listrik di tiga desa tersebut tak lepas dari dukungan masyarakat.

“Pembangunan jaringan listrik oleh PT PLN ini tentu tidak akan berjalan maksimal jika masyarakatnya tidak mendukung. Masyarakat disini merelakan sedikit lahannya dilewati jaringan listrik,” paparnya.

Gubenur Sumsel Besama PJ Bupati Panen Kopi Di Desa Pelakat Kecamatan SDU

Diketahui, pembangunan jaringan listrik di kawasan Semende Darat Ulu merupakan kerjasama Pemprov Sumsel dan PT PLN. Tidak hanya jaringan listrik, PT PLN juga menggelontorkan CSR nya untuk pengembangan sarana dan prasarana wisata Kampoeng Malaka Desa Karta Mulya Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim sebesar Rp170 juta

 

Dalam Acara Tersebut Juga Diadakan Panen Padi Didesa Pelakat Bersama Gubenur Sumse Dan Pj Bupati Muara enim

Acara Tersebut Juga Dihadiri Oleh Kapolres Muara enim ,Dandim 0404, Anggota DPRD, Unsur Muspida, Muspika Serta Pemerintah Desa Setempat.

Dalam acara itu juga diberikan bantuan sosial kepada masyarakat di tiga kecamatan Semende Raya yang terdampak Covid-19. Kemudian Dilanjutkan Dengan Panen KOPI Dan PADI Di Desa Pelakat Kecamatan SDU Oleh Gubenur Sumsel Bersama PJ Bupati Muara Enim.

(Apriansyah)