Jakarta, Aktual.com – Agar target 22 juta wisman dan 275 juta wisatawan nasional dapat tercapai pada 2019 nanti, Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia menggekar Rapat Pimpinan Nasional dan Seminar Loka Karya. Rapimnas dan Semiloka itu dilakukan guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Ketua III DPP PUTRI Putu Supadma Rudana mengatakan, PUTRI merupakan wadah perjuangan kepentingan bersama para pengelola usaha taman rekreasi di Indonesia. Peran PUTRI yang didirikan sejak November 1977 adalah memajukan dan mengembangkan industri kepariwisataan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Peran PUTRI sebetulnya menciptakan destinasi yang niatnya tidak hanya memberikan kontribusi besar kepada wisatawan tetapi juga memberikan kontribusi kesejahteraan bagi masyarakat, memberikan support kepada masyarakat untuk terus terlibat di bidang kepariwisataan,” kata Putu di Jakarta, Kamis (27/4).

Gagasan dibentuknya PUTRI adalah untuk memberikan inspirasi dan kontribusi kepada wisatawan agar dapat merasakan jiwa dari tempat pariwasata tersebut. PUTRI didirikan oleh para pemilik tempat rekreasi dan berada langsung di bawah Kementerian Pariwisata.

“Agar bisa jembatan bagi pemerintah, bagi masyarakat dan bagi pengusaha anggota PUTRI untuk memajukan bersama pariwasata Indonesia. Karena devisa kita ke depan yang paling besar adalah di sektor jasa. Dan jasa ini harus mempunyai nilai.”

(Wisnu)