Jakarta, Aktual.com — Wakil Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB, Lukman Edy mengatakan bahwa sejak awal sudah yakin bahwa Partai Golkar tidak akan mungkin bisa jauh dari kekuasaan pemerintah, dengan berdiri sebagai oposisi.

Hal itu dengan resminya Partai Golkar keluar dari koalisi merah putih (KMP) yang dibangun pada masa Pilpres 2014 lalu.

“Saya dari awal yakin bahwa Golkar tidak bisa lama jadi oposisi, karena kita semua tahu bahwa karakter Golkar ‎itu karakter kekuasaan, karakter punya keahlian mengelola kekuasaan, mereka tidak punya keahlian oposisi,” kata Lukman, di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (18/5).

Kalau bicara oposisi, sambung dia, tentu publik akrab dengan PDI Perjuangan yang sudah bertahun-tahun menetapkan diri berbeda dengan rezim kekuasaan. Tapi, bagi Golkar, menjadi sangat mustahil berdiri di tempat partai berlambang banteng itu.

“Berbeda dengan PDIP, dia kan spirit oposisinya itu pengalamannya tinggi bertahun-tahun jadi oposisi pemerintah. Bahkan ketika sekarang PDIP sebagai partai penguasa, terkadang tergoda juga menjadi partai oposisi,” sebut wakil ketua komisi II DPR RI itu.

“Makanya dari awal Golkar mendeklarasikan oposisi bersama KMP, saya tidak percaya itu bertahan lama dan ternyata terbukti,” pungkasnya.

(Novrizal Sikumbang)

(Arbie Marwan)