Donald Trump kritik pengujian mesin roket terbaru yang dilakukan Korea Utara. (ilustrasi/aktual.com)

Berlin, Aktual.com – Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan, kemelut Korea Utara dengan Amerika Serikat bisa diselesaikan dengan cara perundingan dan siap untuk mencapai penyelesaian secara damai.

“Saya benar-benar menentang retorika persenjataan, yang digunakan semua pihak. Tidak ada penyelesaian secara militer untuk kemelut ini. Masalah itu harus diselesaikan melalui perundingan,” kata Merkel dalam menanggapi pertanyaan tentang Korea Utara dalam wawancara seperti yang dilansir Reuters, Rabu (16/8).

Seperti halanya, kata dia, Amerika Serikat dan China mulai membuka komunikasi sekalipun itu hanya lewat sambungan telepon. “Kita harus menggunakan cara seperti itu. Kita dapat menghindari malapetaka dan kita harus melakukan segala kemungkinan untuk melakukan itu. Saya setidak-tidaknya melakukan semua yang saya bisa.”

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Jim Mattis mengatakan bahwa jika Korea Utara menembakkan peluru kendali ke Amerika Serikat, maka keadaan dapat meningkat menjadi perang. “Jika mereka menembak ke Amerika Serikat, itu bisa meningkat menjadi perang dengan sangat cepat,” kata Mattis kepada wartawan.

Mattis mengatakan, Amerika Serikat akan mengetahui lintasan peluru kendali Korea Utara yang bisa menyerang Guam. “Kami akan menjatuhkannya.”

(Wisnu)