Jakarta, Aktual.com – Kementerian Agama (Kemenag) RI mengajak generasi muda memerangi paham radikalisme yang berpotensi mengancam persatuan masyarakat Indonesia.

“Radikalisme dan terorisme ini diproduksi karena (penyebar, red) ingin Indonesia menjadi tidak aman,” kata Direktur Jenderal Bimas Hindu Kemenag RI, I Ketut Widnya pada pembukaan Kemah Religi Mahasiswa Hindu di Bumi Perkemahan Sekipan, Kabupaten Karanganyar, Senin (26/11).

Oleh karena itu, melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin agar generasi muda lebih waspada dan ikut menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Inti dari kegiatan ini adalah penguatan kebangsaan, terutama adalah menguatkan dan meningkatkan wawasan keagamaan. Kita tahu bahwa salah satu dampak modernisasi adalah terjadi kehampaan spiritual pada zaman modern,” jelasnya.

Menurutnya hal itu harus direspon dengan menguatkan nilai-nilai agama kepada mahasiswa. “Kami ingin mengajak mereka (mahasiswa, red) mempraktikkan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, seperti sifat iri hati bercokol dalam diri manusia, ini harus dilawan,” terangnya.

(Bawaan Situs)