Semarang, Aktual.com – Kementerian Agama membagikan air zam-zam sebanyak 1.342 kepada kelurga jamaah haji tahun 2015. Dalam pendistribusiannya, pihak Kemenag menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menjamin keaslian air suci dari Makkah al-Mukarramah.

“Kami jamin seluruh air zam-zam yang sudah kita bagikan kepada seluruh keluarga jemaah haji tahun ini asli, ” kata Kepala Kemenag Kota Semarang, Mohammad Habib di Semarang, Senin (5/10).

Ia mengatakan air zam-zam diperoleh dari kerjasama antara PT Garuda Indonesia dengan pihaknya. Seluruh keluarga jemaah haji dipastikan mendapat air tersebut secara gratis.

Dari air zam-zama yang dibagikan, kata dia, seluruhnya kepada keluarga jamaah berjumlah 62 kloter. Terbagi atas lima kloter, yakni tiga kloter utuh dan dua kloter yang bergabung dengan kabupaten Demak dan Sukoharjo.

“Kita berikan air zam-zam itu gratis pada bulan lalu. Tiap orang dapat 5 liter galon air zam-zam. Tapi kami jamin air zam-zam di kota Semarang asli, ” kata dia.

Terkait pengungkapan produksi air zam-zam palsu oleh warga Mijen, Kota Semarang, Habib menyatakan tidak akan segan melaporkan ke polisi jika terbukti adanya air zam-zam palsu di wilayahnya. Selain itu, pihaknya pun menyiapkan berbagai langkah antisipasi terkait beredarnya air palsu ini.

“Kita akan koordinasi langsung kepada pihak kepolisi. Kita akan uji keasliannya. Karena kita punya alat untuk mengukur kadar air zam-zam,” beber dia.

()

()