Solo, Aktual.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sebanyak 350 bus mudik gratis untuk masyarakat yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman.

Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Marta Hardisarwono di sela kunjungannya di Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Kamis (7/4) mengatakan, sebanyak 350 bus yang disiapkan tersebut bisa menampung hingga sebanyak 10.500 penumpang.

“Rinciannya 270 bus untuk mudik 8.500 penumpang dan 80 bus untuk arus balik 2.400 penumpang,” kata Marta.

Selain menyediakan bus mudik gratis, pihaknya juga menyediakan truk untuk mengangkut sepeda motor. Ia mengatakan truk yang disediakan ini sebanyak 34 unit untuk mengangkut 1.200 unit kendaraan roda dua para pemudik.

“Setelah dua kali absen animo masyarakat untuk mudik cukup tinggi di Lebaran ini. Oleh karena itu, kami siapkan angkutan mudik gratis untuk mengantisipasi kepadatan di jalan termasuk dengan menyiapkan armada khusus untuk mengangkut kendaraan roda dua yang dikutsertakan dalam mudik,” katanya.

Meski demikian, hingga saat ini pihaknya masih melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan perusahaan besar terkait penyediaan armada untuk mudik gratis.

“Kalau dulu ada PT Air Mancur, tukang jamu pulang. Seperti Honda dulu menyediakan bus untuk mudik gratis. Ini sedang kami koordinasikan dengan teman-teman pengusaha. Apalagi kan beberapa takut terjadi klaster baru, ini yang menjadi harus hati-hati,” katanya.

Terkait hal itu, Anggota Komisi V DPR RI Sudjadi berharap pemerintah bisa menambah jumlah armada mudik gratis pada Lebaran kali ini.

“Permintaan penambahan jumlah armada mudik gratis itu wajar adanya. Semuanya¬†kan¬†kalau gratis itu kan senang, kalau tambah masyarakatnya tambah senang,” katanya.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)