Para calon jamaah haji (Cakhaj) Embarkasi DKI Jakarta kloter pertama mulai masuk Asrama Haji PondokGede, Jakarta Timur, Kamis (27/7/2017). Sebanyak 393 calon jemaah haji Embarkasi DKI Jakarta kloter pertama ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Jumat (28/7/2017) pukul 08:30 lewat Bandara Halim Perdanakusuma dan untuk tahun ini, jumlah jemaah haji Embarkasi Pondokgede sebanyak, 24.834 orang atau 63 kloter. Ini terdiri dari Calhaj DKI sebanyak 7.952 orang (21 kloter), Calhaj Banten 9.493 orang atau 24 kloter dan Calhaj Lampung 7.074 orang atau 18 kloter. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Eka Yusuf Singka mengajak calon haji (Calhaj) Indonesia untuk mempersiapkan sedini mungkin kondisi fisik sebelum berangkat haji ke Mekkah dan Madinah.

“Perlu pengendalian faktor risiko,” kata dia usai temu media Kesiapan Kemenkes Jelang Musim Haji Tahun 2019 di Jakarta, Selasa (2/7).

Dia menambahkan jamaah juga harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi alam di Arab Saudi nanti jika sudah berada di Tanah Suci.

Kondisi alam Saudi, sebut dia sangat berbeda dengan di Indonesia yaitu lebih terik, udara kering, dan cuaca panas. Bagi jamaah yang tidak mempersiapkan diri dapat mengalami gangguan kesehatan serius jika tidak diantisipasi.

Beberapa hal bisa dilakukan jamaah dengan mempersiapkan kebugarannya sejak dari Tanah Air dengan pola hidup yang sehat, lanjut dia.

(Abdul Hamid)