Jakarta, Aktual.co — Kementerian Sosial terus mendorong penyaluran bantuan logistik untuk tiga kabupaten yang dilanda banjir dan longsor di Provinsi Aceh.
“Tiga kabupaten, yaitu Aceh Besar, Aceh Jaya dan Aceh Barat Daya sudah mengajukan permohonan bantuan, segera akan kita dorong bantuan ke sana,” kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial, Margowiyono, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (6/11).
Margo menjelaskan, sebelumnya Kemensos sudah mengirimkan bantuan logistik sebanyak 5.000 paket berupa lauk pauk, tenda, family kit, dan lainnya ke lokasi banjir tersebut.
“Senin (3/11) sudah kita kirim ke provinsi, masing-masing dari gudang di Jakarta dan Palembang,” katanya.
Lebih lanjut dia mengatakan, sinergi pusat dan daerah dalam penanganan bencana sudah dilakukan terutama untuk masa tanggap darurat.
Selain itu, kata dia, sebagai bentuk kesiapsiagaan, Kemensos juga sudah mengirimkan buffer stok (stok penyangga) ke setiap provinsi.
Akibat banjir di Aceh, sebanyak 1.863 rumah warga terendam di Aceh Jaya. Hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus menyebabkan banjir dan longsor di beberapa daerah.
Di Aceh Besar sekitar 10.000 rumah terendam banjir dan hujan juga menyebabkan longsor yang sempat memutuskan akses jalan dari Banda Aceh ke Aceh Jaya.

(Andy Abdul Hamid)