Jakarta, Aktual.com Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual dari ruangan Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (1/6).

Upacara yang bertema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) serta dihadiri oleh Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan RI di luar negeri, dan para tokoh.

Presiden Jokowi, dalam amanatnya mengajak kepada seluruh anak-anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Bangsa dan Negara kita tetap bias berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan Pancasila,” kata Jokowi.

Ia pun mengingatkan agar betul-betul mengamalkan Pancasila ke dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.

Presiden juga mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pemimpin partai politik, pemimpin tokoh ormas dan  pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Kita wujudkan kedalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan bernegara. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antara sesama anak bangsa”, imbuhnya.

Sementara itu, Wamentan Harvick mengatakan banyak nilai Pancasila dapat diambil dari petani tradisional di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan pelestarian nilai-nilai Pancasila dengan mengamalkannya dalam berbagai aspek kehidupan.

“Contohnya pada Sila ketiga, petani tradisional berhubungan erat dengan sifat gotong royong. Walaupun tidak disuruh, mereka tetap menawarkan bantuannya untuk menggarap sawah. Mereka melakukan kegiatan tersebut secara bersama-sama,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Dalam upacara ini, Wamentan turut didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono serta jajaran eselon I lainnya.

Sebagaimana diketahui, tanggal 1 Juni 2022 diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Hari tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah. yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

(A. Hilmi)