Petugas memeriksa pipa penyaluran gas LPG Bright Gas di Depot LPG Pulau Layang Plaju Palembang, Sumatera Selatan, Senin (29/5). Memasuki bulan Ramadan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel menambahkan stok LPG hingga 1.822 MT per hari. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc/17.

Jakarta, aktual.com – PT Pertamina (Persero) sepanjang tahun 2020 melakukan berbagai upaya untuk mencapai target operasional yang telah ditetapkan, salah satunya terkait kinerja kilang. PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) berhasil merealisasikan target penyerapan crude & produk intermediate untuk diolah di kilang Pertamina lebih tinggi 7,3% dari target tahun 2020. Termasuk untuk produk kilang yang dihasilkan untuk dikonsumsi mengalami peningkatan dengan kisaran sebesar 11,5%.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, keberhasilan PT Pertamina melalui anak usaha PT KPI merupakan hasil kerja keras managemen.

“Dengan capaian yang dihasilkan oleh PT KPI saya melihatnya sebagai upaya keberhasilan manajemen KPI, beserta dengan jajaran di bawahnya,” kata Mamit ketika dihubungi wartawan, Senin (1/3/2021).

Terlebih lagi, kata Mamit jajaran di bawah managamen PTK KPI mengerti betul untuk meningkatkan produksi kilang. Sehingga, capaian-capaian yang diperoleh PT KPI saat ini bisa terealisasi.

“Sebagai pelaksanaan pekerjaan paling paham apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi kilang. Selain itu, dengan mulai berjalannya program-progran kilang yang sudah direncanakan seperti kilang Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Refinery Unit (RU) IV Cilacap semakin meningkatkan produksi kilang Pertamina,” jelas Mamit.

(Zaenal Arifin)