Jakarta, Aktual.com – Ketua baru Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan bahwa perselisihan perdagangan berdampak pada ekonomi global, yang secara substansial melemahkan aktivitas manufaktur dan investasi dan menahan potensi ekonomi.

“Untuk ekonomi global, efek kumulatif dari konflik perdagangan dapat berarti kerugian sekitar 700 miliar dolar AS pada tahun 2020, atau sekitar 0,8 persen dari PDB,” katanya, Rabu (9/10).

“Sebagai referensi, ini kira-kira seukuran seluruh ekonomi Swiss,” kata ekonom Bulgaria, yang menggantikan Christine Lagarde dari Prancis dan mulai menjabat pada 1 Oktober 2019.

Konflik perdagangan AS-China tidak hanya meningkatkan biaya langsung pada bisnis dan konsumen, tetapi juga menyebabkan efek sekunder, seperti hilangnya kepercayaan dan reaksi pasar, kata Georgieva, yang adalah mantan Kepala Eksekutif Bank Dunia.

“Hasilnya jelas. Semua orang kalah dalam perang dagang,” kata Georgieva. “Jadi kita perlu bekerja sama, sekarang, dan menemukan solusi yang langgeng dalam perdagangan.”

Memperhatikan bahwa ekonomi global berada dalam “perlambatan tersinkronisasi,” ketua baru IMF menyerukan “tindakan kebijakan tersinkronisasi” untuk mempercepat pertumbuhan dan membangun ekonomi yang lebih tangguh.

(Abdul Hamid)