Ilustrasi Bersholawat

Jakarta, aktual.com – Shalawat merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah Swt dan Rasulullah Saw. Oleh karena itu, para wali-wali Allah Swt berlomba-lomba mengarang berbagai macam sholawat serta pujian-pujian untuk Rasulullah Saw.

Salah satu shalawat yang terkenal yaitu Shalawat Basyairul Khairat yang dikarang oleh Quthbul Aqthab al-Ghauts al-Adzhim Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Dikisahkan di dalam kitab ash-Shalawat wal Aurad bahwa pada saat itu, Quthbul Aqthab al-Ghauts al-Adzhim Syekh Abdul Qadir al-Jailani berkata kepada sebagian murid-muridnya:

خذوا مني هذه الصلوات فإني قذ أخذتها بإلهام من الله عز و جل

“Ambillah dariku sholawat ini (Basyairul Khairat) sesungguhnya aku menyusunnya dengan Ilham yang diberikan oleh Allah Azza wa Jalla,”.

Hingga pada saat itu, Syekh Abdul Qadir al-Jailani menunjukkannya kepada Nabi Muhammad Saw, sebelum Syekh Abdul Qadir al-Jailani bertanya perihal pahala membaca Basyairul Khairat, Rasulullah Saw mengabarkannya terlebih dahulu, Rasulullah Saw bersabda:

لها من الفضل شيء غريب لا ينحصر

“Shalawat ini memiliki keutamaan yang agung hampir-hampir tidak terhitung,”

Lalu apa saja keutamaan membaca sholawat basyairul khairat ini?

Berikut keutamaan-keutamaannya:

Pertama, ترفع أصحابها إلى أعلى الدرجات

Dapat mengangkat posisi pembaca ke derajat yang luhur;

Kedua, وإذا قصد أمر لا يخيب ظنه

Apabila menginginkan sesuatu tidak akan kecewa (gagal);

Ketiga, ولا ترد له دعوة عند الله

Tidak akan Allah tolak segala do’anya;

Keempat, ومن قرأها مرة واحدة غفر الله تعالى له ولمن في المجلس

Siapa orang yang membaca satu kali saja akan Allah ampuni dosanya dan dosa orang yang hadir pada majlis tersebut;

Kelima, وإن حضر أجله عند الموت حضر عنده أربعة من الملائكة ، الأول : يمنع – الشيطان ، والثاني : يلزمه كلمتي الشهادة ، والثالث : يسقيه بكأس من الكوثر ، والرابع : بيده طاسة من الذهب مملؤة من ثمار الجنة ،

Dan apabila tiba ajalnya akan hadir di sisinya empat malaikat, Malaikat pertama akan melindungi dari syaitan, Malaikat kedua akan memantapkan kalimat Syahadat di hatinya, Malaikat ketiga akan memberi minum air dari telaga kautsar, dan Malaikat keempat membawa keranjang dari emas yang berisi aneka buah surga.

Waallahu a’lam.

(Rizky Zulkarnain)