Jakarta, Aktual.com — Seringkali ketika Anda sedang melakukan sesuatu tiba-tiba Anda mengalami “cegukan”. Hal itu tentunya cukup mengganggu aktivitas Anda bukan?. Mari membahas sedikit tentang masalah cegukan.

Seperti dituliskan laman Boldsky, cegukan disebabkan oleh kontraksi diafragma (otot yang memisahkan dada dari perut, red). Kejang ini dapat disebabkan oleh gangguan fungsi saraf vagus, yang mana menimbulkan spasme otot diafragma tidak berbahaya, namun pasti bisa membuat Anda jengkel.

Sebagian besar kasus cegukan tidak memerlukan perhatian medis. Tetapi, jika cegukan berlangsung selama lebih dari tiga jam, itu bisa menyebabkan sebuah kekhawatiran serius, dan Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab utama cegukan jangka pendek tidak diketahui pastinya. Akan tetapi, beberapa hal dikenal sebagai pemicu di antaranya makan makanan pedas atau makan terlalu cepat, merokok, minum alkohol, minum minuman bersoda, hingga menelan terlalu banyak udara, dan lainnya.

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana trik untuk mengatasi cegukan secara alami. Di antaranya:

Pertama, ambil satu sendok teh gula dan letakan pada ujung saraf mulut Anda dengan ‘sensasi manis’. Ini adalah trik yang paling umum dan berguna untuk menghentikan cegukan dalam sekejap.

Kedua, ketika cegukan tak terduga menyerang, cobalah untuk tahan nafas dengan memegang hidung Anda dan menutup mulut Anda hingga cegukan itu lenyap.

Ketiga, Anda juga dapat menghentikan serangan cegukan dengan minum sedikit cuka sari apel. Rasa gula pasti akan menyerang selera Anda, tetapi juga akan membuat cegukan tersebut berhenti.

Keempat, gunakan korek kuping dengan ujung kapas untuk menggelitik langit-langit mulut Anda. Itu adalah tempat di mana ‘perangkat’ keras dan lunak bertemu di mulut Anda. Trik ini biasa dilakukan.

Kelima, trik kuno ini mudah dan sangat efektif. Pegang pembukaan kantong kertas di sekitar mulut Anda. Tutup itu menurut kenyamanan Anda sendiri dan meniup di dalamnya sebanyak 10-15 kali.

Keenam, menjulurkan lidah Anda dalam merangsang saraf vagus dan mengendurkan “kejang”.

Ketujuh, sering cegukan bisa dikendalikan oleh titik-titik tekanan. Hanya menerapkan tekanan lembut di dasar tenggorokan, antara tulang selangka. Titik tekanan lain yang bisa membantu yaitu di bawah tulang leher di kedua sisi tulang dada. Ini akan menghentikan kontraksi secara tiba-tiba pada diafragma.

Kedelapan, untuk mematahkan pola cegukan, cukup lakukan batuk atau bersin untuk mengerutkan diafragma.

Trik di atas akan membantu Anda menghentikan cegukan, tapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah cegukan itu terjadi. Seperti tidak ‘membebani’ perut Anda, dengan makan secara perlahan, hindari makanan pedas dan tidak memanjakan diri Anda untuk minum secara berlebihan.

()

()